Breaking News:

Belum Ada Laporan Penggunaan Sebelumnya, Dana Desa Tahun Ini Tak Bisa Cair

Pasalnya, kata dia, sebelum dana desa disalurkan oleh bupati ke desa-desa, kepala desa harus melaporkan penggunaan dana desa pada tahap sebelumnya.

Penulis: Ragil Wisnu Saputra | Editor: Ferri Amiril Mukminin
tribunjabar/wisnu saputra
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sanjodjo. 

JATINANGOR, TRIBUNJABAR.CO.ID - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengatakan, pengawasan dan pemantauan penyaluran dana desa (DD) di berbagai pelosok Jawa Barat sepanjang Jalur Pantai Selatan akan berjalan dengan baik.

Pasalnya, kata dia, sebelum dana desa disalurkan oleh bupati ke desa-desa, kepala desa harus melaporkan penggunaan dana desa pada tahap sebelumnya.

"Prosesnya kan sudah jelas. Dari pusat melalui kabupaten ke desa-desa. Kalau tidak ada pelaporan, dana untuk tahap selanjutnya tidak akan digelontorkan. Makanya harus ada pendampingan agar tidak terganggu penggelontoran dananya," kata dia usai memberikan Ceramah Umum Civitas Akademika dan Praja IPDN di Balairung Kampus IPDN Jatinangor, Rabu (18/1/2017).

Selain itu, kata dia, pihaknya juga sudah beberapa kali melakukan sosialisasi melalui media terkait pencairan DD tersebut di pelosok Jawa Barat. Sehingga, dalam pelaksanaannya masyarakat juga ikut aktif mengawal penyaluran DD tersebut.

"Yang terpenting itu kami sosialisasikan ke masyarakat desanya bukan ke kepala desanya. Karena untuk penyaluran dana desa harus ada peran aktif masyarakat di pedesaan," katanya.(raw)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved