5 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bikin Anak Gampang Sakit

Setiap Mama pasti ingin memiliki anak yang selalu sehat. Namun, ada beberapa penyebab anak gampang sakit yang perlu Mama ketahui.

5 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bikin Anak Gampang Sakit
web
Ilustrasi anak sakit demam. 

TRIBUNJABAR.CO.ID -- Setiap Mama pasti ingin memiliki anak yang selalu sehat. Namun, ada beberapa penyebab anak gampang sakit yang perlu Mama ketahui. Ternyata, ada beberapa penyebab yang disebabkan oleh kebiasaan buruk. Jadi, jangan heran jika si kecil sering mengalami sakit jika ia masih sering melakukan satu dari enam kebiasaan buruk berikut ini. Ada baiknya Mama mulai menyingkirkan kebiasaan tersebut sejak usia dini.

1.Masih menggunakan botol susu

Anak yang berusia di atas satu hingga dua tahun memang perlu dilatih untuk melepas botol susunya. Ternyata, masih menggunakan botol susu dapat menyebabkan anak minum susu terlalu banyak. Hal ini akan menyebabkan anak tidak suka makan dan kehilangan nutrisi dari makanan lain seperti protein dan vitamin dari sayuran. Selain itu, kebiasaan tidur dengan botol di mulut dapat menyebabkan gigi berlubang serta kerusakan gigi. The American Academy of Pediatrics ternyata merekomendasikan anak untuk berpindah minum dari gelas saat ia berusia 15 bulan.

2.Mengisap jempol

Sebenarnya umum bagi bayi untuk mengisap jempol untuk menenangkan diri. Namun, kebiasaan ini bisa mengancam kesehatannya tergantung seberapa kuat mereka mengisap dan berapa lama kebiasaan tersebut dilakukan. Jika sudah tumbuh gigi dan masih melakukannya, hal ini dapat memengaruhi pertumbuhan rahang atas. Selain itu, gigi atas bisa menjadi tongos dan gigi bawah jadi mundur. Untuk mengetahui masalah ini, sebaiknya Mama membiasakan anak kontrol ke dokter gigi saat gigi pertama muncul.

3.Pilih-pilih makanan

Anak yang gemar menolak makanan yang Mama sajikan dapat berpengaruh buruk bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Menurut Dina Rose, PhD, seorang psikolog mengungkapkan langkah pertama yang perlu dilakukan untuk anak yang suka pilih makanan adalah menjadikan waktu makan jadi hal yang menyenangkan. Jangan menjadi stres berat ketika anak menolak makanan. Justru Mama perlu membiarkan anak bereksplorasi dengan berbagai jenis makanan untuk menemukan apa yang si kecil suka.

4.Mengupil

Hidung yang gatal dan mampet pasti membuat anak ingin mengupil. Tidak hanya tidak sedap dipandang, memasukkan jari ke lubang hidung dapat menyebabkan infeksi dan alergi terlebih jika jari yang dimasukkan tidak steril. Mama perlu membantu anak untuk membuang lendir secara teratur serta membersihkan hidung dengan cara yang lebih steril.

5. Ngemil tanpa jadwal

Tidak hanya makan besar, ngemil atau waktu camilan yang tidak teratur akan berdampak buruk bagi kesehatan anak. Si kecil jadi tidak memahami waktu lapar dan kenyang apalagi jika camilan yang dikonsumsi manis, asin dan renyah. Hal ini menjadi penyebab anak gampang sakit karena tidak mengonsumsi bahan makanan yang meningkatkan kekebalan tubuhnya.(*)

Editor: Ferri Amiril Mukminin
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved