Prakiraan Cuaca

Awal Tahun Potensi Hujan Menurun, Puncak Hujan Diprediksi Terjadi di Awal Februari

Berdasarkan prakiraan BMKG, penururan potensi hujan sudah terjadi sejak pertengahan Desember 2016.

Awal Tahun Potensi Hujan Menurun, Puncak Hujan Diprediksi Terjadi di Awal Februari
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
BANJIR - Pengguna jalan terpaksa menerobos banjir di Jalan Raya Rancaekek, Kabupaten Bandung, Selasa (1/11). Hujan dengan intensitas tinggi yang terus mengguyur wilayah Bandung setiap hari mengakibatkan Jalan Raya Rancaekek tenggelam terendam banjir setinggi paha orang dewasa hingga arus lalulintas dari Bandung ke Priangan Timur dan sebaliknya terhambat, berakibat kemacetan sepanjang 4 km. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Teuku Muh Guci S

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Meski masih musim penghujan, potensi hujan di Kota Bandung pada awal tahun 2017 cenderung menurun.

Berdasarkan prakiraan BMKG, penururan potensi hujan sudah terjadi sejak pertengahan Desember 2016.

"Penurunan potensi hujan ini diperkirakan terjadi sampai minggu kedua Januari. Akhir Januari ada peningkatan, meski bukan puncak," kata Prakirawan BMKG Bandung, Yuni Yulianti ketika ditemui di kantornya, Jalan Cemara, Senin (2/1/2016).

Puncak curah hujan, kata Yuni, secara klimatologis memang akan terjadi lagi meski sudah terjadi November 2016. Puncak curah hujan kedua diprediksi terjadi pada minggu pertama Maret 2017.

"Tetapi kemungkinan dua tahun ini maju pada Februari, karena awal musim hujan 2016 maju. Yang tadinya Oktober, tapi September sudah ada, bahkan tahun kemarin tidak ada musim kemarau, karena ada efek la nina," ujar Yuni.

Terkait dengan anomali cuaca dan gangguan cuaca, Yuni mengatakan, pihaknya memprakirakan tak akan terjadi pada tahun ini. Seperti diketahui El Nino melanda Indonesia pada 2015 dan La Nina melanda Indonesia pada 2016.

"Di awal tahun ini netral, sampai Januari dan Maret belum ada potensi gangguan cuaca. Kemunginan sepanjang tahun netral, kalau ada fenomena alam akan kami sampaikan," kata Yuni. (cis)

Penulis: cis
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved