Kunjungan Kerja

Kabupaten Bandung Berguru kepada Kepulauan Selayar Cara Meraih Penghargaan Daerah Sehat

Dalam kegiatan sharing tersebut, Kabupaten Kepulauan Selayar membeberkan proses kerja kerasnya untuk meraih penghargaan Swastisaba

Kabupaten Bandung Berguru kepada Kepulauan Selayar Cara Meraih Penghargaan Daerah Sehat
TRIBUN JABAR/M SYARIEF ABDUSSALAM
Asisten Daerah II Kabupaten Bandung Marlan menerima cinderamata dari Sekda Kepulauan Selayar Marjani Sultan dan Ketua Forum Kabupaten Sehat Kepulauan Selayar Andi Dwiyanti Musrifah di Kantor Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, Kamis (22/12). 

SELAYAR, TRIBUNJABAR.CO.ID - Tim kunjungan kerja Kabupaten Bandung Sehat berbagi teknik dan inovasi dengan tim Kabupaten Sehat Kepulauan Selayar di Kabupaten Kepulauan Selayar, untuk meraih Swastisaba, atau penghargaan daerah sehat dari Pemerintah RI, Kamis (22/13).

Dalam kegiatan sharing tersebut, Kabupaten Kepulauan Selayar membeberkan proses kerja kerasnya untuk meraih penghargaan Swastisaba kategori tertinggi di tingkat nasional, yakni wistara, dua tahun terakhir berturut-turut. Kabupaten kepulauan ini pun memenuhi 9 tatanan yang dipersyaratkan.

Sedangkan, tim Kabupaten Bandung Sehat memberondong Kabupaten Kepulauan Selayar dengan berbagai pertanyaan mengenai cara Selayar meraih penghargaan tersebut. Akhirnya, sharing pun berlangsung dengan penuh diskusi dan pencapaian solusi.

Asisten Daerah II Kabupaten Bandung, Marlan, yang juga menjadi ketua tim kunjungan kerja tersebut, mengatakan Kabupaten Bandung pernah meraih Swastisaba tingkat wistara pada 2007. Namun sejak itu, Kabupaten Bandung tidak pernah mendapat penghargaan tersebut sampai 2013 dan akhirnya pada 2015 mendapat peringkat padapa.

"Kunjungan ini untuk menambah wawasan kami supaya pada 2019, targetnya kami mendapat peringkat wistara kembali, dapat terwujud. Dan memang dari 22 kabupaten kota yang mendapat wistara, Selayar paling sempurna wistaranya," kata Marlan dalam kesempatan tersebut.

Rombongan Kabupaten Bandung ini disambut langsung oleh Bupati Kepulauan Selayar Muh Basli Ali. Sedangkan istri bupati Andi Dwiyanti Musrifah dan Sekda Kepulauan Selayar Marjani Sultan bergabung bersama rombongan Kabupaten Bandung dalam acara sharing.

Dalam kesempatan tersebut, Andi Dwiyanti mengatakan kunci keberhasilan Kabupaten Kepulauan Selayar adalah komitmen jelas dan berkelanjutan yang dikerjakan antara pemerintah dan masyarakat dalam membangun kesadaran kesehatan.

"Ini karena masyarakat sangat aktif berpartisipasi. Anggota Forum Kabupaten Sehat Kepulauan Selayar sebanyak 210 orang. Dan kami memiliki pokja sehat sampai tingkat kelurahan dan desa, termasuk posyandu. Kami merintisnya sejak 2010," kata Dwiyanti.

Sekda Kepulauan Selayar mengatakan dorongan pemerintah kepada Forum Kabupaten Sehat Kepulauan Selayar sangat tinggi. Bukan sekedar untuk meraih prestasi, namun juga untuk meningkatkan taraf kesehatan warganya.

"Tahun ini kami anggarkan Rp 500 juta untuk Forum Kabupaten Sehat kepulauan Selayar. Angka ini kami anggap sangat besar," katanya.

Tuturnya, dengan meningkatkan taraf kesehatan warganya, Selayar dapat menjadi tujuan wisata yang kian nyaman dikunjungi. Terlebih, Selayar memiliki kekayaan alam lautan yang berlimpah.

Dalam kesempatan tersebut, rombongan berkeliling Pulau Selayar untuk mengunjungi sejumlah spot yang menjadikan kabupaten ini mendapat penghargaan tertingi di bidang kesehatan. Mereka mengunjungi bank sampah dan tempat daur ulang, rumah posko kesehatan, tempat wisata sehat, dan terminal sehat.

Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki penduduk sebanyak 130.199 jiwa. Secara administratif terdiri atas 11 kecamatan, yakni lima kecamatan berupa kepalauan, dan 6 kecamatan di daratan selayar. Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki 132 pulau, 87 persen wilayahnya adalah kepulauan. (Sam)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved