Tujuh Kebiasaan Buruk yang Berakibat pada Rasa Lelah Tubuh Seharian

Selidik punya selidik, kelelahan sebenarnya tak hanya disebabkan karena kurang tidur saja

Tujuh Kebiasaan Buruk yang Berakibat pada Rasa Lelah Tubuh Seharian
shutterstock
Seorang wanita bangun tidur pegang weker 

TRIBUNJABAR.CO.ID -- Selidik punya selidik, kelelahan sebenarnya tak hanya disebabkan karena kurang tidur saja. Ada banyak hal yang bisa memicunya.  Mulai dari bergantung pada kafein hingga melewati sarapan di pagi hari. Berikut, tujuh kebiasaan yanng membuat kita lelah sepanjang hari:

1. Bergantung pada kafein 

Memulai pagi hari dengan secangkir kopi memang tak ada salahnya. Bahkan, studi menunjukkan kalau tiga cangkir kopi yang dikonsumsi dalam satu hari, baik untuk kesehatan kita. Namun, mengonsumsi kafein dengan tidak semestinya, dapat mengganggu siklus tidur-bangun seseorang.

Dalam Journal of Clinical Medicine dikatakan, mengonsumsi kafein enam jam sebelu tidur dapat memengaruhi kualitas tidur kita. Jadi, sebaiknya kurangilah asupan kafein mulai dari sore hari.

2. Tidak berolahraga 

Keistimewaan olahraga dapat kita lihat dari hasil studi di Universitas Georgi. Studi itu mengatakan, orang dewasa yang berolahraga ringan (20 menit perhari)  sebanyak tiga kali dalam seminggu, merasa lebih bersemangat dan berenergi.

3. Kurang minum 

Sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan. Bahkan, tulang yang kelihatannya kering, juga terdiri dari cairan. Nah, kehilangan cairan sering menjadi penyebab tubuh terasa lelah. Menurut  Amy Goodson, RD, ahli gizi di Texas Health Ben Hogan Sports Medicine, dehidrasi dapat menyebabkan pengurangan volume darah. Selain itu, ia juga bisa membuat darah menjadi lebih tebal.

Imbasnya, kerja jantung untuk memompa darah jadi kurang efektif. Alhasil,  peredaran oksigen dan nutrisi akan semakin lama untuk memenuhi kebutuhan energi bagi otot dan organ tubuh. Bukan Cabai, Melainkan Kurang Minumlah yang Sebabkah Radang Usus Buntu

4. Kekurangan zat besi 

Halaman
12
Editor: Ferri Amiril Mukminin
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved