5 Cara Agar Kualitas Hidup Lebih Baik di Tahun Baru

Tahun baru segera tiba! Ini artinya ada awal baru yang dimulai. Momen ini juga merupakan waktu yang pas untuk mulai memikirkan langkah apa

5 Cara Agar Kualitas Hidup Lebih Baik di Tahun Baru
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Suasana malam tahun baru di Kota Bandung 

TRIBUNJABAR.CO.ID -- Tahun baru segera tiba! Ini artinya ada awal baru yang dimulai. Momen ini juga merupakan waktu yang pas untuk mulai memikirkan langkah apa yang akan kita lakukan untuk menggapai masa depan dan mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Dapatkan 5 Cara agar kualitas hidup lebih baik di tahun baruini!

1. Tetapkan batasan dalam hidup

Membuat batasan merupakan langkah yang cukup berani yang bisa dilakukan seseorang. Sebab kita ditantang untuk mengizinkan orang lain mengetahui apa yang kita “bisa” dan apa yang kita “tidak bisa”. Hal ini akan membantu kita memiliki hubungan yang lebih baik dengan orang lain. Contoh kecilnya membuat batasan/prinsip diri sendiri dengan berkata tidak untuk:

Menunda pekerjaan
Berbicara dengan kasar dan tidak sopan
Mengkritik orang dengan tidak adil
Berusaha menjadi orang lain agar diterima
Merasa tertekan karena bersaing dengan orang lain
Melakukan aktivitas yang tidak sehat.

2. Berikan lebih banyak waktu untuk tidur

Manusia membutuhkan setidaknya 8-10 jam untuk tidur yang berkualitas setiap malam. Remaja bahkan lebih, yaitu 10-12 jam sehari. Tidur yang berkualitas dapat dinilai melalui apa yang kita rasakan saat bangun di pagi hari. Kualitas tidur yang baik akan menghasilkan tubuh yang segar di pagi hari.

Buatlah komitmen untuk mendapatkan tidur yang cukup di tahun yang baru. Upayakan segala cara agar kualitas tidur kita tidak buruk.

3. Olahraga setiap hari

Olahraga merupakan cara terbaik untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Olahraga bisa mengurangi kecemasan dan depresi. Berolahraga selama 20 menit meningkatkan hormone dopamin, serotonin, norepineprin, dan GABA yang membuat kita merasa lebih rileks dan bahagia.

4. Tuliskan tujuan-tujuan yang harus dicapai di tahun ini

Penelitian membuktikan bahwa ketika seseorang menuliskan tujuannya, ia akan lebih bersemangat untuk meraihnya. Kalau malas menulis, cobalah membagikan mimpi dan tujuan kita itu pada orang lain. Sehingga mereka bisa menjadi alarm bagi kita untuk meraih setiap tujuan yang sudah kita sampaikan pada orang-orang tersebut.

5. Hiduplah dengan prioritas!

Cobalah perhatikan kegiatan kita sehari-hari? Apakah kita tidak memiliki satu aktivitas yang menjadi prioritas utama yang membuat kita bersemangat mengerjakannya?

Jika tidak, saatnya membuat prioritas. Misalnya di tahun ini Anda memiliki prioritas untuk memperbaiki manajemen keuangan atau memperbaiki hubungan.(*)

Editor: Ferri Amiril Mukminin
Sumber: Info Komputer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved