Leisure Akhir Pekan

Ingin Nikmati Es Krim Disemprot Api? Coba Saja Marmelo Ice Cream

Proses pembuatan Marmelo Ice Cream ini cukup sederhana. Es krim dicetak terlebih dahulu hingga padat. Setelah itu, es krim dipotong dengan ukuran tert

Editor: Machmud Mubarok
ISTIMEWA
Proses pembuatan Marmelo Ice Cream dengan cara disemprot gas menarik perhatian peminat kuliner. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isa Rian Fadhilah

TRIBUNJABAR.CO.ID - SEKILAS orang melihat makanan ini seperti tahu. Wajar saja Marmelo Ice Cream ini direspons keliru seperti itu, lantaran masih sangat jarang dijajakan di Indonesia. Makanan seperti ini populer di Amerika dan Jepang. Kini, makanan tersebut bisa dinikmati di Indonesia, khususnya di Bandung, dengan adanya Marmelo Ice Cream yang digagas oleh Yazmi Panji Nugroho (22).

Karakter penganan yang meleleh saat digigit ini, cocok dengan tren makanan kekinian di mana orang banyak menggemari makanan yang meleleh. Marmelo Ice Cream terbuat dari olahan marshmallow dan es krim. Di sini, marshmallow berfungsi sebagai kulit es krim. Secara konsep, makanan ini mirip es krim mochi. Namun, Marmelo Ice Cream berukuran lebih besar dan berbeda pula komposisinya.

Proses pembuatan Marmelo Ice Cream ini cukup sederhana. Es krim dicetak terlebih dahulu hingga padat. Setelah itu, es krim dipotong dengan ukuran tertentu. Marshmallow yang membungkus es krim ini dibuat dari berbagai bahan khusus. Pembuatannya seperti adonan kue pada umumnya. Es krim kemudian dimasukkan ke dalam marshmallow, yang pada akhirnya dibentuk persegi.

Marshmallow ice cream yang telah berbentuk persegi lantas disemprot api dari alat khusus untuk membakar makanan hingga berubah warna. Prosesnya hanya sekitar 10 detik. Tahap terakhir inilah yang menarik perhatian banyak orang.

"Saat kami buka stan di pameran kuliner, orang-orang senang melihat prosesnya saat dibakar. Kadang ada yang merekamnya terus disebar di media sosial, kemudian temannya tertarik juga mencoba makanan ini," ujar Yazmi, saat ditemui di rumah produksi Marmelo Ice Cream, Jalan Ciwaruga Kavling DPRD Parigi Indah No 5, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, kemarin.

Yazmi mengaku awalnya tidak tahu menahu bagaimana membuat es krim berbalut marshmallow ini. Ia belajar kepada seseorang yang berhasil membuatnya, kemudian ia kreasikan dengan ciri khasnya sendiri. Produknya telah disesuaikan dengan permintaan pasar, setelah ia memasarkan produk ini selama beberapa bulan.

Marmelo Ice Cream dibuat dengan beberapa pilihan rasa es krim, yakni cokelat, greentea, keju, vanila, tiramisu, dan stroberi. Varian keju dan tiramisu diolahnya sendiri dengan resep khusus. Empat varian es krim lain ia pasok dari produsen lain. Marmelo Ice Cream lebih dominan pada es krim dengan proporsi 60 persen, sedangkan marshmallow 40 persen.

"Membuatnya sebetulnya mudah. Yang sulit itu, bagaimana membuatnya dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat. Setelah kami mencoba membuatnya berkali-kali, kami menemukan sebuah cara untuk menghasilkan 1.000 piece Marmelo Ice Cream dalam waktu yang cukup singkat. Setelah itu baru kami bisa menjualnya," kata pria yang pernah kuliah di Binus University ini. (ee)

BACA SELENGKAPNYA DI HARIAN PAGI TRIBUN JABAR EDISI SABTU 17 DESEMBER 2106.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved