Breaking News:

Smart City

Smart City Bukan Sekadar tentang Teknologi, Tapi Mencakup Tiga Hal ini

"Mixed use adalah masa depan properti, dan masa depan perkotaan padat, macet, dan semrawut seperti Jakarta, dan Bandung," kata Sinarto.

www.iflscience.com
Ilustrasi 

SURABAYA, TRIBUNJABAR.CO.ID - Terminologi smart city atau Kota Cerdas masih menjadi polemik hingga kini. Kota Cerdas tidak bisa hanya diartikan sebagai kota yang berbasis teknologi, atau segala sesuatunya dikelola dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

COO dan Vice President Director PT Intiland Development Tbk Sinarto Dharmawan menjelaskan, kota yang cerdas adalah kota yang sangat efektif, efisien, dan produktif.

"Semakin efisien, efektif, dan produktif sebuah kota maka akan semakin cerdas," ujar Sinarto kepada Kompas.com, Rabu (7/1/2/2016). 

Sebuah kota bisa dikatakan menyandang predikat cerdas bila memenuhi tiga unsur utama, yakni density, diversity, dan proximity.

Density atau densitas menyangkut memaksimalkan ruang yang ada. Pengembangan perkotaan harus berbasis pada penggunaan ruang yang maksimal, namun memanfaatkan lahan secara minimal.

"Dalam hal ini, pembangunan harus ke atas atau vertikal. Baik hunian, perkantoran, maupun ruang komersial," ujar Sinarto.

Jakarta, kata dia, densitasnya rendah. Karena hanya diisi oleh 15.000-an jiwa per kilometer persegi. Sementara ruang Jakarta masih begitu luas.

Sedangkan diversitas terkait dengan keberagaman. Dalam hal ini, pengembangan perkotaan harus mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat yang beraneka, mulai dari sosial, ekonomi, budaya, suku, agama, profesi, golongan, dan lainsebagainya.

Faktor berikutnya adalah proksimitas atau kedekatan. Ini tak kalah penting karena berpotensi mengurai kepadatan lalu lintas, dan juga menjadi salah satu solusi menghindari kemacetan.

Tiga hal tersebut, kata Sinarto, bisa diwujudkan dalam pengembangan properti berkonsep multifungsi atau mixed use.

Halaman
12
Editor: Darajat Arianto
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved