Kelezatan 4 Makanan Ini Tidak Sejorok Namanya, Pernah Cicip?

Entah kenapa, di Indonesia banyak banget makanan yang punya nama unik. Ada kue kuping gajah lah, kuku macan, dan lain-lain.

Kelezatan 4 Makanan Ini Tidak Sejorok Namanya, Pernah Cicip?
web
Kupat jembut

TRIBUNJABAR.CO.ID - Entah kenapa, di Indonesia banyak banget makanan yang punya nama unik. Ada kue kuping gajah lah, kuku macan, dan lain-lain. Bahkan makanan bernama jorok aja ada! Tapi meski punya nama jorok, rasanya tetep lezat kok! Mau tau nama makanannya?

1 - Kupat Jembut

kupat jembut
Kupat jembut

Foto: Twitter.com
Jangan mikir kemana-mana dulu, nggak ada bulu-bulu kok di makanan ini. Kupat jembut adalah ketupat yang udah diisi sayuran seperti toge di dalamnya. Dimakan langsung pun enak! Biasanya, kupat jembut ada di perayaan Syawalan di Semarang.

2 - Bubur Peju

Bubur peju
Bubur peju

Foto: Tribunnews.com
Makanan ini ada di Kalimantan Utara, tepatnya di Desa Antutan, Kecamatan Tanjung Palas. Bubur Peju merupakan jenis makanan untuk sarapan pagi. Yang menjadi pembeda dari bubur ini pada kombinasi lauk-pauknya. Ada sayur bayam, wortel, kacang panjang dan labu dalam makanan lezat ini. Tenang, nggak ada campuran aneh-aneh kok di bubur ini, karena peju diambil dari bahasa Bulungan yang berarti "pemberi."

3 - Kerupuk Upil

Kerupuk upil
Kerupuk upil

Namanya mungkin bikin ilfil, tapi snack khas Cirebon ini 100% nggak pake upil kok. Ada yang nyangka makanan gurih ini sama kayak kerupuk melarat, padahal beda. Kerupuk upil nggak menggunakan pewarna, jadi warna kerupuk putih polos saja, bentuknya bulat kecil imut mungkin itulah kenapa dinamakan kerupuk upil. Hehehe.

4 - Kue Lumpur

Kue lumpur
Kue lumpur

Foto: Kompas.com
Jangan jijik dulu. Kue lumpur adalah penganan ringan dengan bahan utama santan, kentang, tepung terigu, dan telur. Sebagai pewangi digunakan vanila dan seringkali diberi hiasan kismis dan kelapa muda iris di permukaannya. Kedengerannya enak ya? Pasti dong. Tenang aja, nggak pake lumpur kok.(*)

Editor: Ferri Amiril Mukminin
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved