Ombudsman Segera Umumkan Tingkat Kepuasan Masyarakat di 33 Provinsi, Ada Pungli?

Lembaga negara pengawas pelayanan publik Ombudsman Republik Indonesia, melakukan kegiatan survei pelayanan terhadap penilaian kompetensi

ombudsman.go.id
Lembaga Ombudsman Republik Indonesia (RI) 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID -- Lembaga negara pengawas pelayanan publik Ombudsman Republik Indonesia, melakukan kegiatan survei pelayanan terhadap penilaian kompetensi penyelenggara pelayanan publik dan persepsi pengguna layanan di 33 provinsi dan 140 pemerintah kabupaten/kota.

Pada 6 Desember, Ombudsman segera mengumumkan hasil survei tersebut di Jakarta. Dari rilis yang diterima Tribun, menurut Anggota Ombudsman RI, Adrianus Meliala, survei tersebut bertujuan guna mengetahui keefektivitasan sekaligus uji kualitas penyelenggara pelayanan publik, dan persepsi kepuasan pengguna layanan.

"Survei kompetensi yang dilakukan dari bulan Maret hingga Oktober 2016 merupakan program penilaian kepatuhan penyelenggara layanan terhadap UU nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik yang berimplikasi pada zonasi merah, kuning, hijau pada pemerintah daerah," kata Adrianus melalui rilis yang diterima Tribun, Kamis (24/11/2016).

Penilaian kompetensi penyelenggara layanan, kata Adrianus, berfokus pada pelaksanaan survei kepuasan masyarakat yang dilaksanakan oleh penyelenggara layanan, pelibatan masyarakat dalam penyusunan standar layanan, dan pengelolaan pengaduan yang diselenggarakan oleh penyelenggara layanan. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden nomor 76 tahun 2013 tentang pengelolaan pengaduan pelayanan publik.

"Sedangkan survei tentang persepsi pengguna layanan, berfokus pada kenyamanan pengguna layanan dalam mengakses pelayanan publik kesesuaian standar yang ditetapkan dengan pelaksanaannya. Penilaian itu termasuk ada atau tidaknya pungli pada unit layanan tersebut, serta ada atau tidaknya praktik percaloan di dalamnya," jelas dia. (ff)

Editor: Ferri Amiril Mukminin
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved