Horee! Pascajembatan Ambruk Jalur Banjar-Pangandaran Bisa Dilalui Lagi

Arus lalu lintas menuju Pangandaran yang terputus sejak amblesnya jembatan Ciputrapinggan Minggu (9/10/2016)

Horee! Pascajembatan Ambruk Jalur Banjar-Pangandaran Bisa Dilalui Lagi
tribunjabar/andri m dhani
Jembatan Ciputrapinggan sempat ambles, jalur lalu lintas Banjar-Pangandaran terputus. Kunjungan wisatawan pun anjlok. Kini Jembatan bailey sudah selesai dirangkai 

CIAMIS, TRIBUNJABAR.CO.ID - Arus lalu lintas menuju Pangandaran yang terputus sejak amblesnya jembatan Ciputrapinggan Minggu (9/10/2016) malam bulan lalu segera pulih kembali. Dua jembatan darurat (bailey) yang dipasang sudah terangkai total dan akan dioperasikan secara resmi hari Rabu (23/11/2016) kemarin.

“Selasa (22/11/2016) sore akan dilakukan uji coba dengan menggunakan kendaraan berbobot 15 ton yakni truk bermuatan gula kelapa produksi Pangandaran,” ujar Bupati Pangandaran, H Jeje Wiradinata kepada Tribun Senin (21/11/2016).

Menyusul amblesnya jembatan Ciputrapinggan (perbatasan Kalipucang-Pangandaran) akibat meluapnya Sungai Ciputrapinggan Minggu (9/10/2016) malam bulan lalu telah membuat arus lalu lintas di jalan utama jalur pariwisata tersebut lumpuh total.

Semua jenis mobil tidak bisa keluar masuk Pangandaran, bahkan sepeda motorpun tak bisa lewat badan jembatan yang ambles tersebut. Kunjungan wisatawan ke Pangandaran anjlok sampai 90%, harga barang kebutuhan masyarakat pun sempat bergejolak. Dampak beruntun akibat putusnya arus lalu lintas di jembatan Ciputrapinggan tersebut menerjang ke mana-mana, menimbulkan efek ke berbagai seni kehidupan warga pakidulan Jabar tersebut.

Pasca musibah tersebut Pemkab Pangandaran bergerak cepat, minta bantuan pemerintah pusat untuk segera dipasang jembatan darurat (jembatan bailey) untuk memutus isolasi. Bantuan pemasangan jembatan bailey datang dari KemenPU dan Zipur Kodam III Siliwangi. Pemasangan jembatan bailey sempat terkendala menyusul tergerusnya pondasi untuk pemasangan jembatan bailey.(*)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Ferri Amiril Mukminin
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved