Apakah Anda Sering Merasa Lelah padahal Sehat? 5 Kebiasaan Ini Mungkin Masalahnya

Tidur larut di akhir pekan. Nah, untung mengganti “utang tidur” itu, tak jarang kita tidur sepanjang hari di hari Minggu

Apakah Anda Sering Merasa Lelah padahal Sehat? 5 Kebiasaan Ini Mungkin Masalahnya
shutterstock
Wanita kelelahan kerja. 

TRIBUNJABAR.CO.ID - Apakah Anda sering merasa lelah di saat kondisi sehat? Nah, mungkin hal itu disebabkan berbagai aktivitas dan rutinitas yang kita lakukan. Sebab, ada banyak kebiasaan yang bisa membuat tubuh terasa lelah yang kadang tidak kita sadari.

1. Tidur larut di akhir pekan 

Nah, untung mengganti “utang tidur” itu, tak jarang kita tidur sepanjang hari di hari Minggu. Kondisi inilah yang membuat kita kesulitan untuk tidur di malam harinya. Imbasnya, kita akan terasa lelah di Senin pagi.

Untuk menyiasati kelehahan itu, tidurlah kira-kira selama 20 menit saat rehat di kantor. Namun, jangan sampai kita memasuki tahap tidur yang terlalu dalam. Sebab hal itu malah membuat kita bangun dengan kondisi badan yang semakin lelah.

2. Memeriksa email sebelum tidur 

Cahaya yang dipancarkan handphohe atau komputer dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh. Menurut para ahli, cahaya itu dapat menekan produksi hormon melatonin dalam tubuh. Padahal, hormon itulah yang dapat mempermudah kita untuk tertidur.

Kepekaan tubuh seseorang terhadap cahaya memang berbeda-beda. Namun, tidak menggunakan handphone atau benda sejenisnya sekitar satu atau dua jam sebelum tidur, merupakan ide yang amat baik agar kita mudah terelap.

3. Sering mengonsumsi junk food 

Makanan sarat dengan gula dan karbohidrat sederhana seperti junk food dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh. Nah, tingginya kadar gula darah ini tentu akan diikuti dengan rasa lelah sepanjang hari.

Untuk menjaga agar gula darah tetap stabil, sebaiknya konsumsilah makanan berpotein dan gandum. Protein itu bisa kita dapatkan dari ayam dan beras merah, salmon dengan ubi jalar, atau salad dengan ayam dan buah.

Halaman
12
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved