Tunjangan Sertifikasi Guru

Kabar Gembira bagi Para Guru, Mulai Januari Tunjangan Langsung Transfer ke Rekening Pribadi

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Iwa Karniwa mengatakan pihaknya menerima banyak keluhan dari guru di berbagai daerah di Jawa Barat

Kabar Gembira bagi Para Guru, Mulai Januari Tunjangan Langsung Transfer ke Rekening Pribadi
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi: Tunjangan Sertifikasi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Zezen Zainal M

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Mulai Januari tahun depan, tunjangan sertifikasi guru SMA/SMK akan dilakukan dengan cara ditransfer langsung ke rekening masing-masing.

Ini tentu menjadi kabar gembira bagi para guru. Cara ini dinilai merupakan cara yang tepat mengingat selama ini tunjangan sertifikasi guru di berbagai daerah selalu terlambat diterima para guru.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Iwa Karniwa mengatakan pihaknya menerima banyak keluhan dari guru di berbagai daerah di Jawa Barat karena tunjangan sertifikasi mereka seringkali terhambat.

Ia mencontohkan ada sejumlah guru yang mengadu karena tunjangan mereka belum cair sejak beberapa bulan lalu.

"Mulai Januari 2017, seiring alih kelola SMA/SMK oleh Pemprov Jabar, uang itu langsung ditransfer ke rekening masing-masing guru. Sistem ini lebih cepat dan tepat serta aman," kata Iwa saat dihubungi melalui ponselnya, Minggu (20/11/2016).

Menurut Iwa, sistem pencairan tunjangan melalui rekening masing-masing guru itu mengadopsi sistem pencairan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Namun, diakuinya Pemprov Jabar saat ini masih menyusun dan menyempurnakan sistem tersebut agar pada pelaksanaannya tidak ada lagi kendala.

Banyaknya kasus keterlambatan pencairan tunjangan sertifikasi guru, lanjut dia, mayoritas permasalahannya ada di pemerintah daerah.

Oleh karena itu, kata Iwa, pihaknya berusaha membantu mengkoordinasikan persoalan ini dengan sejumlah kepala daerah agar tunjangan para guru bisa segera dicairkan.

"Kita terima laporan, tunjangan guru belum cair sejak Septmeber. Kami lalu koordinasikan ke pemerintah daerah untuk segera dicairkan. Jangan sampai ada lagi tunjangan yang terhambat," jelas Iwa.

Evaluasi terhadap sistem tunjangan guru yang seringkali tersendat dinilai sangat penting demi kenyamanan para guru.

Sebab, menurutnya, bagaimana seorang guru akan dapat mengajar dengan baik, bila keperluan dan kebutuhan mereka tidak terpenuhi gara-gara terlambatnya pencairan tunjangan. (zam)

Penulis: M Zezen Zainal Muttaqin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved