Breaking News:

Direktur RS Siloam Sebut Ada Tiga Tindakan Medis Penting Belum Dicover BPJS Kesehatan

Menurutnya setiap pasien yang memerlukan tindakan medis itu tidak semuanya berasal dari ekonomi berada

Penulis: Mega Nugraha | Editor: Dedy Herdiana
TRIBUN JABAR/MEGA NUGRAHA
Dokter spesialis radiologi dr Ira Safitri saat memberikan materi pada ratusan dokter umum di RS Siloam, Purwakarta Jumat (18/11/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

PURWAKARTA, TRIBUNJABAR.CO.ID - Sejumlah penyakit kritis yang memerlukan penangan khusus belum tercover BPJS Kesehatan. Di antaranya pemasangan ring di catheter laboratirium (cathlab) pada jantung, cathlab saraf, dan radiologi intervensi.

"Makanya kami sedang mengajukan kerjasama ke BPJS Kesehatan supaya tiga tindakan medis itu bisa tercover layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)," ujar Direktur RS Siloam Purwakarta, dr Irwan Gandana, saat ditemui di seminar ilmiah terapi terkini di bidang jantung, saraf dan mata di aula Siloam Hospital, Jalan Raya Bungursari Purwakarta Jumat (18/11/2016).

Menurutnya, tiga tindakan medis itu memerlukan biaya puluhan juta. Sedangkan, setiap pasien yang memerlukan tindakan medis itu tidak semuanya berasal dari ekonomi berada. Sehingga, layanan BPJS Kesehatan untuk ketiga tindakan medis itu sangat diperlukan.

"Misalnya nih, biaya untuk cathlab jantung membutuhkan biaya Rp 50 juta, cathlab nyeri sekitar Rp 10 juta - Rp 15 juta dan pada kepala sekitar Rp 20 juta hingga Rp 30 juta," katanya.

Apalagi, kata Irwan, rumah sakit yang ia kelolah sering menerima pasien rujukan dari berbagai fasilitas kesehatan tingkat pertama, baik Puskesmas maupun klinik.

"Mudah-mudahan tiga tindakan medis tersebut bisa disetujui BPJS Kesehatan karena banyak kasus-kasus seperti itu yang dialami pasien saat dirujuk ke rumah sakit kami," ujar Irwan.

Adapun RS Siloam, sudah memiliki fasilitas cathlab untuk jantung, saraf dan tindakan radiologi intervensi. "Karena RS Siloam adalah satu-satunya rumah sakit yang mampu melayani tindakan cathlab," ujarnya. (men)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved