Perdagangan Manusia

Diduga Hendak Dijual ke Timur Tengah, 3 TKI asal Cianjur akhirnya Bisa Dipulangkan

Jadi TKI informal ke Timur Tengah itu sudah ditutup. Kalaupun mau jadi TKI, ya lewat kami (Dinsosnakertrans), bukan lewat calo.

Diduga Hendak Dijual ke Timur Tengah, 3 TKI asal Cianjur akhirnya Bisa Dipulangkan
TRIBUN JABAR/DIAN NUGRAHA RAMDHANI
Tiga orang perempuan asal Cianjur yang sempat akan diperdagangkan ke Arab Saudi tiba di Kantor Dinsosnakertrans, Kabupaten Cianjur, Selasa (18/10/2016) malam. 

CIANJUR, TRIBUNJABAR.CO.ID - Tiga dari lima orang perempuan asal Cianjur yang sempat terdampar di tempat penampungan calon tenaga kerja Indonesia (TKI) di Jakarta, berhasil dipulangkan ke Cianjur, Selasa (18/10/2016) malam.

Sempat terkatung-katung di penampungan milik PT. Putra Timur Mandiri selama dua minggu, ketiganya dijemput sponsor atau pihak yang merekrut mereka sebagai calon TKI di kawasan Condet, Jakarta Timur.

Imas binti Kosim (36) warga Kecamatan Campaka mengaku heran dengan prosedur rencana keberangkatannya ke Arab Saudi. Bukannya membayar untuk keperluan sejumlah dokumen, perempuan yang pernah jadi TKI di Kuwait itu malah dibayar.

"Saya nerima Rp 6 juta dan langsung dibawa ke Jakarta. Di tempat penampungan malah saya dapat infromasi dari teman-teman yang sudah sampai ke Arab, mending saya balik saja ke Cianjur. Di Arab pun mereka hanya di penampungan," ujar Imas di kantor Dinsosnakertrans Kabupaten Cianjur, semalam.

Dia akhirnya menelpon Abdul Umar, suaminya, untuk melaporkan kondisinya ke Dinsosnakertrans hingga akhirnya bisa dipulangkan setelah dinas terkait berkoordinasi dengan Badan Nasional Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Kepala Seksi Bina Lembaga Usaha Ketenagakerjaan Dinsosnakertrans Kabupaten Cianjur, Ahmad Ubaidillah menasihati ketiganya, yakni Imas, Mimin (27), dan Yanti (23) dengan nada tinggi.

"Jadi TKI informal ke Timur Tengah itu sudah ditutup. Kalaupun mau jadi TKI, ya lewat kami (Dinsosnakertrans), bukan lewat calo. Kejadian ini sudah sering dan ini harus menjadi yang terakhir. Paham Anda? Saya marah karena sayang bukan karena benci. Jadi TKI itu bayar, bukan dibayar. Kalau dibayar artinya anda dibeli untuk dijual lagi," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, lima orang warga Kabupaten Cianjur terdampar di sebuah tempat penampungan tenaga kerja indonesia (TKI) di Jakarta. Kelimanya diduga akan diperdagangkan ke Arab Saudi sebagai tenaga kerja ilegal. (ram)

Penulis: Dian Nugraha Ramdani
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved