Breaking News:

Bencana Alam

Jalur Banjar- Pangandaran Terputus, Ini yang Dilakukan Pemprov Jabar

Dijelaskan Iwa, pihaknya sudah menginstruksikan Kepala Balai Pengelolaan Jalan wilayah IV untuk mempersiapkan . . .

ISTIMEWA/Dokumentasi Bidang Humas Polda Jabar
Sejumlah warga menyaksikan amblesnya jalan di jalur penghubung Jawa Barat dan Jawa Tengah di Jalan Brigjen M.Isha, Kota Banjar, Senin (10/10/2016). Akibat debit air Sungai Citanduy yang tinggi, jalan tersebut ambles dan saat ini tidak bisa dilalui kendaraan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Zezen Zainal M

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Guyuran hujan deras yang terjadi sepanjang Minggu (9/10) menyebabkan jalan yang menghubungkan antara Desa Putrapinggan Kecamatan Kalipucang dengan Desa Babakan Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran ambles.

Akibatnya arus lalu lintas yang menghubungkan ruas jalur utama arah Banjar menuju Pangandaran tidak bisa dilalui dan menyebabkan kemacetan total di kedua arah.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat amblesnya jalur utama Banjar-Pangandaran tersebut disebabkan oleh derasnya arus air Sungai Ciputrapinggan sehingga jembatan tersebut ambles akibat pondasi jembatan yang tergerus air.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun arus lalu lintas arah Banjar ke Pangandaran dan sebaliknya terputus," ujar Iwa saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Bandung, Senin (10/10).

Dijelaskan Iwa, pihaknya sudah menginstruksikan Kepala Balai Pengelolaan Jalan wilayah IV untuk mempersiapkan jembatan sementara agar lalu lintas arah Banjar Pangandaran maupun sebaliknya bisa kembali dilalui kendaraan. Iwa berharap jembatan sementara tersebut bisa dibangun di dua arah/jalur.

"Sebenarnya itu bukan kewenangan provinsi, tapi kami mengkoordinasikan. Sekarang tim sedang meluncur ke Banjar. Mudah-mudahan (jembatan sementara) bisa terpasang hari ini atau paling lambat besok pagi agar lalu lintas bisa kembali lancar," ujar Iwa. (zam)

Penulis: M Zezen Zainal Muttaqin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved