Breaking News:

Banjir di Cianjur

BPBD Cianjur Siaga Bencana Hingga Pelosok di Sepanjang Tahun Ini

Asep menjelaskan, berdasarkan data yang dia dapat, panjangnya musim hujan saat ini diakibatkan badai La Nina yang berdampak kepada . . .

TRIBUN JABAR/M ZEZEN ZAINAL M
ILUSTRASI: Para petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tengah melakukan briefing di Pos Pengamatan Gunung Tangkuban Parahu, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (5/9/2012). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Dian Nugraha Ramdani

CIANJUR, TRIBUNJABAR.CO.ID - Kepala Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Asep Suparman menyebutkan Kabupaten Cianjur akan menghadapi musim hujan terpanjang dibandingkan pada tahun-tahun yang lalu.

Asep menyebutkan, tahun 2016 ini, hujan turun nyaris sepanjang tahun dengan intensitas yang tinggi. Hujan biasanya turun pada sore hari hingga larut malam.

"Kondisi cuaca seperti ini sangat rawan bencana. Baik banjir, pergerakan tanah maupun longsor, BPBD tetapkan status siaga bencana," ujarnya dihubungi Tribun melalui telepon, Selasa (20/9/2016).

Semalam, ‎banjir bandang melanda Kampung Begod dan Kampung Pos, di Desa/Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur.‎ Sebanyak 48 rumah terendam oleh banjir dengan ketinggian air 80 centimeter itu.

Asep menjelaskan, berdasarkan data yang dia dapat, panjangnya musim hujan saat ini diakibatkan badai La Nina yang berdampak kepada hujan di daerah di Kabupaten Cianjur.
"Harusnya kan September ini sudah masuk kemarau, tetapi La Nina membuat cuaca memburuk, termasuk dampaknya sampai ke Cianjur," ujar Asep.

Dikutip dari Kompas.com, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasiionan Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho di Kantor BNPB, Jakarta menyebutkan La Nina akan menguat di Indonesia pada pertengahan tahun ini. "Berdasarkan prediksi BMKG, fenomena La Nina akan menguat di pertengahan 2016," ujarnya. (ram)

Penulis: Dian Nugraha Ramdani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved