Info Sehat

Ini Enam Penyakit yang Muncul Kalau Tidur Terlalu Lama

seseorang yang tidur lebih dari 10 jam per hari memiliki profil kesehatan yang lebih buruk dari mereka yang tidur 7-8 jam per hari.

Ini Enam Penyakit yang Muncul Kalau Tidur Terlalu Lama
shutterstock
Seorang wanita tengah mengalami migrain di tempat tidur. 

TRIBUNJABAR.CO.ID - Profesor kedokteran spesial tidur di Harvard, Susan Redline, MD, MPH, mengatakan bahwa seseorang yang tidur lebih dari 10 jam per hari memiliki profil kesehatan yang lebih buruk dari mereka yang tidur 7-8 jam per hari. Tidak sedikit orang yang tidur dalam waktu yang sangat lama dan ternyata ini akan menyebabkan masalah kesehatan. Berikut adalah enam dampak buruk yang terjadi pada kesehatan bila tidur terlalu lama seperti disiarkan prevention.com:

1. Risiko terkena penyakit jantung

Tidur terlalu lama atau lebih dari 8 jam setiap malam dapat meningkatkan peluang seseorang mengalami sakit jantung hingga meninggal. Peluang ini meningkat sebesar 34% pada setiap orang. Dan, wanita lebih rentan tidur lebih lama dibandingkan laki-laki, yang kemudian meningkatkan masalah jantung.

2. Meningkatkan berat badan

Studi menunjukkan bahwa orang yang tidak cukup tidur cenderung mengalami kenaikan berat badan, namun ada pula yang menghubungkan antara kelebihan tidur dengan obesitas. Satu teori menyebutkan bahwa terlalu banyak tidur berarti menyebabkan waktu berolahraga yang lebih sedikit. Atau dengan kata lain, semakin banyak tidur, semakin sedikit tubuh bergerak dan membakar kalori di dalam tubuh.

3. Meningkatkan diabetes

Terlalu banyak tidur juga dapat meningkatkan kadar gula darah, dimana glukosa darah yang tinggi kemudian akan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

4. Sulit berkonsentrasi

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Geriatrics Society, tidur yang terlalu lama dapat menyebabkan otak sulit melakukan tugas hariannya, termasuk sulit berkonsentrasi. Tidur lama juga cenderung mengakibatkan seseorang memiliki masalah fungsi mental.

5. Risiko meninggal usia dini

Studi epidemiologi menunjukkan bahwa orang yang tidur lebih lama lebih mungkin meninggal sebelum waktunya. Tidak ada yang tahu persis alasannya, namun peradangan mungkin berperan penting dalam masalah ini. Beberapa penyakit yang disebabkan tidur lama, seperti penyakit jantung dan diabetes juga berkaitan pada hal ini.

6. Mengganggu suasana hati

Dampak buruk yang terjadi pada kesehatan bila tidur terlalu lama yang terakhir adalah memengaruhi suasana hati. Depresi dan tidur memiliki hubungan yang erat. Sebagian orang mengalami depresi ketika memiliki tidur yang lama. Namun, tidak semua orang yang tidur lebih lama memiliki depresi klinis. (prevention.com)

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved