Catat Baik-baik, Ini Lima Industri Pemberi Gaji Tertinggi Tahun Ini

Konsultan bisnis dan manajemen Kelly Services Indonesia merilis panduan gaji 2016. Ada 5 industri yang memberi gaji tertinggi saat ini di Indonesia

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi 

JAKARTA, TRIBUNJABAR.CO.ID - Membicarakan gaji atau penghasilan untuk saat ini bukan lagi menjadi hal yang tabu. Bila Anda seorang pekerja di sebuah perusahaan baik itu buruh kerah putih maupun kerah biru, penting bagi Anda untuk mengetahui pasaran gaji di industri di mana kini Anda tengah mencari nafkah. Apakah sudah sesuai standar? Atau masih jauh dari harapan?

Konsultan bisnis dan manajemen Kelly Services Indonesia merilis panduan gaji 2016. Ada lima industri yang memberikan gaji tertinggi saat ini di Indonesia.

Pertama, industri tambang, minyak dan gas. Gaji tertinggi industri ini mencapai Rp 300 juta per bulan untuk posisi Chief Operation Officer. Dengan kualifikasi pendidikan minimal S1 atau sarjana dan pengalaman di atas 12 tahun.

Untuk level menengah di industri ini seperti posisi Engineer, minimal bisa bergaji Rp 35 juta per bulan. Bila tingkatnya sudah lebih senior, penghasilan minimal mencapai Rp 70 juta hingga Rp 100 juta saban bulan.

Kedua, industri jasa keuangan dengan gaji tertinggi untuk posisi Direktur mencapai Rp 300 juta per bulan. Untuk level di bawahnya seperti General Manager, minimal penghasilan per bulan sekitar Rp 60 juta sampai Rp 80 juta. Selanjutnya posisi Manager di industri bank dan asuransi bisa membawa pulang penghasilan paling sedikit Rp 30 juta sampai Rp 50 juta setiap bulan. Sedang untuk jabatan Senior Analyst, gaji bulanan mereka bisa berkisar Rp 15 juta sampai Rp 30 juta.

Ketiga, industri hi-tech atau teknologi informasi. Segmen industri ini memberikan gaji bulanan pada para pekerjanya di kisaran ratusan juta rupiah pula. Sebagai gambaran untuk Anda, posisi Country Manager bisa membawa pulang gaji mulai Rp 125 juta hingga Rp 250 juta per bulan. Sedang posisi Software Developer sekitar Rp 15 juta sampai Rp 35 juta setiap bulan.

Keempat, industri e-commerce yang tengah booming saat ini di Indonesia juga masuk sebagai industri pemberi gaji cukup tinggi menurut versi Kelly Services. Jabatan General Manager, Corporate and Strategic Planning, sebagai contoh, menjanjikan penghasilan minimal Rp 60 juta sampai Rp 90 juta saban bulan. Untuk posisi Digital Marketing saja, gajinya juga lumayan, minimal Rp 25 juta hingga Rp 55 juta per bulan. Bagaimana posisi Content dan Product Manager? Mereka bisa menikmati Rp 20 juta sampai Rp 50 juta setiap bulan.

Kelima, industri infrastruktur. Sebagai contoh di perusahaan konstruksi dan properti, seorang Project Manager bisa menerima Rp 30 juta hingga Rp 70 juta saban bulan. Sedang Project Engineer sekitar Rp 18 juta sampai Rp 30 juta setiap bulan. Jabatan Finance and Accounting Manager di perusahaan infrastruktur bisa memboyong Rp 20 juta sampai Rp 25 juta per bulan.

Nah, sudah sesuaikah gaji Anda?

(Kontan.co.id/Ruisa Khoiriyah)

Editor: Darajat Arianto
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved