Mudik Lebaran 2016

Dede Yusuf Terjunkan 3.000 Anggota Pramuka di Jalur Mudik Selatan

Pantauan Tribun di lapangan, Karya Bakti Pramuka tersebut melibatkan tiga kwartir cabang.

TRIBUN JABAR/RAGIL WISNU SAPUTRA
Dede Yusuf memimpin apel pasukan karya bhakti pramuka untuk wilayah Cileunyi-Nagreg dan Jatinangor-Tanjungsari 

Laporan Wartawan Tribun, Wisnu Saputra

JATINANGOR, TRIBUNJABAR.CO.ID - Ketua Kwartir Daerah Jawa Barat, Dede Yusuf M Efendi, menerjunkan 3.000 anggota Pramuka yang disiagakan untuk membantu kelancaran arus mudik di titik rawan kemacetan di Jalur Selatan, Jawa Barat.

Pantaun Tribun di lapangan, Dede Yusuf memimpin apel pasukan karya bhakti pramuka untuk wilayah Cileunyi-Nagreg dan Jatinangor-Tanjungsari di Lapangan Peti Kemas, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Kamis (30/6) sore.

Pantauan Tribun di lapangan, Karya Bakti Pramuka tersebut melibatkan tiga kwartir cabang. Diantaranya Kwarcab Sumedang, Kawrcab Garut dan Kwarcab Kab Bandung. Bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar).

"Para anggota pramuka mulai dari penggalang dan penegak pos pengamanan dan pos gatur, para anggota pramuka juga akan ditempatkan di posko-posko kesehatan," ujar Dede usai memimpin apel kepada wartawan.

Menurut Dede, setiap Kwarcab atau kabupaten mengirimkan pasukan atau anggotanya sekitar seratus hingga dua ratus orang anggota Pramuka. Untuk Saka Bhayangkara akan membantu mengatur lalu lintas dan untuk Saka Bakti Husada ditemoatkan di posko kesehatan.

Dede menambahkan, kegiatan karya bhakti tersebut merupakan darma baktinya para anggota pramuka kepada negara. Saat melakukan kegiatannya, anggota pramuka juga mendapat pendampigan dari anggota kepolisian.

"Para anggota pramuka yang bertugas di lapangan selama arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2016 akan diberikan tanda ikut gotong royong (tigor)," kata dia.

Selain itu juga, kwarda Jabar akan menyiapkan anggota pramuka di jalur dan tempat pariwisata. Karena, kata Dede, tidak menutup kemungkinan pada saatnya nanti pengunjung yang akan berwisata itu butuh bantuan.

"saya juga berpesan kepada adik adik yang berada dilapangan untuk selalu menjaga kesehatan saat bertugas terlebih saat ini sedang menjalankan ibadah puasa," katanya.(raw)

Penulis: Ragil Wisnu Saputra
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved