Mudik Lebaran 2016

30 Ruas Jalan Alternatif di Jawa Barat Siap Dilalui Pemudik

Jalur-jalur alternatif tersebut kondisinya harus mantap agar nyaman dilalui para pemudik,

TRIBUN JABAR / RAGIL WISNU SAPUTRA
ilustrasi -- TERLIHAT SEPI -- Kendaraan baik roda empat dan roda dua masih terlihat sepi melintasi Jalan Raya Nagreg, Kabupaten Bandung di H-6 Lebaran, Kamis (30/6/2016) siang. 

BANDUNG, TRIBUN - Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat berharap pemerintah kabupaten/kota sudah selesai memperbaiki jalur-jalur alternatif yang biasa digunakan pemudik guna mengantisipasi kemacetan di ruas-ruas jalan utama.

Kepala Dinas Bina Marga Jabar, M Guntoro mengatakan keberadaan jalur-jalur alternatif sangat penting dan diperlukan agar bisa menunjang kemantapan jalur-jalur utama milik pemerintah pusat dan provinsi yang kondisinya sudah baik dan mulus.

"Saya sudah kirimkan surat dan minta kabupaten/kota untuk menyiapkan jalur-jalur alternatif karena mayoritas status jalannya adalah jalan kabupaten," ujar Guntoro kepada wartawan di Gedung Sate, Rabu (30/6).

Menurut Guntoro, ruas jalur alternatif di Jawa Barat yang biasa dilalui pemudik setidaknya berjumlah sekitar 30 ruas jalan yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota. Di wilayah Pantai Utara (pantura) Jawa Barat, ruas jalan alternatif mencapai 10 ruas jalan yang tersebar di wilayah Subang, Purwakarta, Cirebon hingga Indramayu.

"Di jalur tengah dan selatan juga masing-masing ada 10 ruas jalan. Jalur-jalur alternatif tersebut kondisinya harus mantap agar nyaman dilalui para pemudik," kata Guntoro.

Di Pantura misalnya, jalur Wanayasa Purwakarta hingga Subang kerap digunakan pemudik sebagai jalur alternatif untuk tujuan ke jalur tengah dan timur. Selain itu, jalur alternatif Patrol Indramayu juga menjadi favorit pemudik yang hendak menuju ke Jawa Tengah.

"Pokoknya daerah juga harus turut mendorong kelayakan jalan karena di kita cukup banyak ruas jalan alternatif. Mudah-mudahan semuanya sudah siap," jelasnya seraya meminta daerah juga melengkapi ruas jalan tersebut dengan sarana pendukung seperti PJU dan rambu-rambu petunjuk jalan. (zam)

Penulis: M Zezen Zainal Muttaqin
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved