Breaking News:

Gaet Wisata Belanja, Jakarta Gelar Fastival Ramadan 2016

Selama bulan Ramadan, umat Islam di Indonesia memiliki tingkat pengeluaran yang tinggi baik dalam fashion, food, beauty product dan masih banyak lagi

Editor: Machmud Mubarok
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi pameran hijab. 

JAKARTA, TRIBUNJABAR.CO.ID - Momen bulan Ramadan dimanfaatkan untuk wisata belanja. Seperti halnya di Jakarta, digelar Jakarta Ramadhan Festival 2016 yang berlangsung sejak 6 Juni hingga 5 Juli mendatang.

”Ramadhan Festival itu dilaksanakan dengan tema Vibrant Ramadhan," ujar Kepala Dinas Pariwisata Catur Laswanto, dalam rilisnya, kemarin.

Catur mengatakan, ada empat kegiatan yang memeriahkan acara ini yaitu Family Wakfest, Believer Bliss, Halal Vibrant Bazaar dan Islamic Art & Culture Performance yang diselenggarakan selama Mei-Juli 2016. Sedangkan Halal Vibrant Bazaar berlangsung 6 Juni-5 Juli 2016 di Senayan City Mall, Jakarta.

”Selama bulan Ramadan, umat Islam di Indonesia memiliki tingkat pengeluaran yang tinggi baik dalam fashion, food, beauty product dan masih banyak lagi untuk menyambut semangat hari kemenangan. Pesona Indonesia juga akan terlihat di saat Ramadhan ini,” jelasnya.

Menurut Catur, produk yang ditawarkan di Vibrant Bazaar Muslim sangat beragam, mulai dari fashion, makanan, produk kecantikan, kraft & furnitur. Program lainnya antara lain fun Art & craft Workshop yaitu membuat kaligrafi, memindahkan foto ke medium kayu dan membuat dekorasi rumah. ” Selain itu rencananya juga akan ada artis ibukota seperti Fatin Shidqia, Mustafa Debu, Opick dan Zaskia Sungkar,” kata Catur.

Seperti diketahui, Islamic Art & Culture Performance yang dibungkus dalam pertunjukan musik MD Soul Session diselenggarakan tiga kali yaitu pada 11 Juni di Masjid Istiqlal, 18 Juni di Masjid Sunda Kelapa dan 25 Juni di Masjid At-Tin. MD Soul Session menghadirkan Mustafa Debu, Indra Aziz, Melly Goeslaw, Ustad Derry Sulaiman, Laudya Chintya Bella dan Armand Maulana. Program MD Soul Session berlangsung setelah sholat tarawih dan gratis untuk semua jama’ah serta pengunjung masjid.

Dengan menampilkan lagu-lagu dan musik berkualitas dengan konten inspiratif, bermakna dan mendamaikan hari, MD Soul Session akan memberikan warna baru bagi umat Islam di bulan Ramadhan. ”Saya juga mendapatkan kabar bahwa ide-ide yang dianggap paling menarik mendapat kesempatan untuk diaplikasikan di Masjid. The Magnificient Journey of Islam, program lain Believer Bliss, mengajak umat Islam di Jakarta dan sekitarnya untuk melihat pameran perjalanan Islam dimulai dari zaman Rasulullah. Acara ini berlokasi di Masjid Istiqlal pada 6 Juni-6 Juli 2016, mari berwisata di Jakarta,” bebernya.

Menpar Arief Yahya menambahkan dalam pariwisata, spending wisman itu 30 persen untuk akomodasi, hotel dan penginapan. Lalu 30 persen lagi transportasi, airlines atau tiket maskapai. Sisanya, 40 persen adalah shopping dan culinery. "Jadi spending terbanyak ada di belanja dan makan-makan," kata Arief.
Karena itu, langkah DKI untuk memilih bazar dan festival itu sudah pas. Wisata belanja, tempatnya memang Jakarta, cari apa saja bisa ditemukan di ibu kota. "Selamat berfestival, selamat berpuasa, sukses Ramadan Festival 2016," kata Arief. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved