Kesehatan

Bisa Jadi, 6 Hal Ini yang Bikin Anda Sering Lupa!

KURANG tidur, obat-obatan tertentu, dan bahkan stres dapat berdampak pada memori Anda.

Bisa Jadi, 6 Hal Ini yang Bikin Anda Sering Lupa!
shutterstock
Illustrasi. 

TRIBUNJABAR.CO.ID - Anda sering menggeledah rumah untuk mencari kunci.

Atau Anda tiba-tiba tidak bisa mengingat nama guru anak Anda. Anda membuat janji dengan dokter gigi, namun baru ingat tiga sampai enam hari kemudian.

Terdengar akrab? Jangan takut, kebanyakan kasus lupa bukanlah sesuatu yang serius, kata Majid Fotuhi, MD, PhD, pendiri dan ketua medis dari NeurExpand Brain Center di Luterville, MD.

Kurang tidur, obat-obatan tertentu, dan bahkan stres dapat berdampak pada memori Anda.

"Untungnya, daya kerrjja otak kita bisa berubah dan ditingkatkan," kata Dr Fotuhi.

"Daya ingat dapat didorong dengan intervensi yang sederhana namun kuat." Berikut adalah hal-hal mengejutkan yang memengaruhi memori Anda, dengan cara yang positif juga dengan cara negatif.

Disfungsional tiroid
Ketika tiroid Anda rusak, Anda mungkin akan merasa terlalu panas, terlalu dingin, cemas, depresi dan daya ingat menurun.

"Meskipun tiroid tidak memiliki peran tertentu dalam otak, kehilangan memori adalah salah satu gejala yang memberitahu bahwa tiroid berhenti berfungsi normal," kata Dr. Fotuhi.

Tiroid adalah sebuah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang ada di sepanjang bagian depan tenggorokan Anda, tiroid mengatur hampir semua proses metabolisme tubuh Anda.

"Orang-orang dengan dengan kadar tiroid tinggi atau rendah, sangat mungkin mengalami kesulitan mengingat dan berkonsentrasi," katanya.

Halaman
12
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved