Tol Cigatas

BREAKING NEWS: Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya Mulai Dibangun 2018

Tidak hanya sampai Tasik, tapi hingga Ciamis dan Banjar. Kalau tol sudah jadi, perkembangan Priangan Timur akan cepat sekali

BREAKING NEWS: Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya Mulai Dibangun 2018
TRIBUN JABAR / FIRMAN WIJAKSANA
ILUSTRASI --- Kendaraan roda empat dan dua harus mengantre saat melintas turunan Nagreg, Kabupaten Bandung, Minggu (19/7/2015). 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Pemprov Jabar dan pemerintah pusat menargetkan pembangunan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) bisa dimulai pada awal 2018 mendatang. Tol ini diyakini akan membuat wilayah Priangan Timur maju pesat sekaligus menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan tahunan yang terjadi di jalur Cilenyi-Nagreg hingga Ciamis saat mudik lebaran.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Iwa Karniwa mengatakan rencana pembangunan tol yang menghubungkan wilayah Bandung Raya dan Priangan Timur mulai dari Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran itu saat ini sudah memasuki feasibility study (FS) atau studi kelayakan. Diharapkan studi kelayakan tersebut bisa tuntas pada Juli mendatang.

"Tahun 2017 kita harapkan sudah masuk pembebasan lahan. Kalau lancar, 2018 akhir mulai proses konstruksi. Mudah-mudahan setahun beres, tapi tergantung pada pembebasan lahan," ujar Iwa di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Bandung, Rabu (15/6).

Dijelaskan Iwa, proses konstruksi atau pembangunan fisik tol memang sangat tergantung kepada pembebasan lahan. Bila proses pembebasan lahannya lebih cepat, proses konstruksi pun bisa dipercepat. Namun sebaliknya, bila pembebasan lahan terhambat, hal tersebut akan menyebabkan proses konstruksi pun terhenti dan akhirnya molor. Iwa berharap 2019 akhir Tol Cigatas sudah bisa beroperasi.

"Tidak hanya sampai Tasik, tapi hingga Ciamis dan Banjar. Kalau tol sudah jadi, perkembangan Priangan Timur akan cepat sekali, akan maju pesat," ujarnya.

"Juga untuk menghilangkan ritual tahunan di Nagreg hingga Tasikmalaya yang tiap tahun macet. Tol ini akan jadi solusi," tambah Iwa. (zam)

Penulis: M Zezen Zainal Muttaqin
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved