ADVERTORIAL

BNN Kota Bandung Lakukan Tes Urine Terhadap PNS di Kantor Dispora

BNN juga akan melakukan tes urine di tingkat kelurahan dan kecamatan.

BNN Kota Bandung Lakukan Tes Urine Terhadap PNS di Kantor Dispora
Isa Rian Fadilah
Seorang pegawai Dispora Kota Bandung sedang mengisi daftar pegawai yang mengikuti tes urine, sebelum tes dimulai di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Bandung, Kamis (2/6/2016). 

Laporan Isa Rian Fadilah

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID --- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung bersama Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kota melakukan tes urine di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung di Jalan Aceh, Kamis (2/6/2016). Sebanyak 91 pegawai Dispora Kota Bandung diperiksa.

BNN melakukan tes urine di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mengetahui apakah setiap pegawai terbebas dari penggunaan narkoba. Ini merupakan kegiatan rutin BNN dan BKD untuk memastikan tidak ada pegawai yang menyalahgunakan narkoba.

"Kami lakukan tes urine di setiap SKPD yang berada di wilayah pemerintahan Kota Bandung. Sudah ada lebih dari 1500 pegawai yang kami periksa sepanjang tahun 2015," ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Kota Bandung Alfa Harry Perdana, saat ditemui Kantor Dispora Bandung, Kamis (2/6/2016) pagi.

BNN juga akan melakukan tes urine di tingkat kelurahan dan kecamatan.
"Bukan hanya di SKPD di sekretariat, pemkot, atau dinas, tapi di tingkat kelurahan dan kecamatan juga akan dilakulan," katanya.

Ia melanjutkan, hasil tes urine dinas-dinas sebelumnya menunjukkan, sejumlah pegawai yang dinyatakan positif disebabkan oleh pengaruh pengobatan tertentu yang dikonsumsi, seperti obat untuk penyakit jantung.

Mereka yang dinyatakan positif namun bisa menunjukkan keterangan sedang menjalani pengobatan dari dokter tidak dinilai bermasalah.

"Hasil akhirnya kami hanya memberikan rekomendasi. Kedepannya BKD yang menentukan seperti apa tindak lanjutnya kepada mereka," terangnya.

BNN hanya melakukan tes urine, memberikan laporan, dan rekomendasi kepada BKD. Tindak lanjut atas laporan dan rekomendasi tersebut dilakukan oleh BKD selaku stakeholder.

"Hasilnya hari ini kalau ada yang positif, kami akan membawa ke lab untuk penguatan apakah benar yang bersangkutan itu positif. Positifnya apakah sedang dalam masa pengobatan atau tidak," ujarnya.

Seluruh pegawai pemerintahan di Kota Bandung, sambungnya, akan menjalani tes urine.

"Tes urine dilakukan pasti tiba-tiba. Tidak mungkin ada pemberitahuan sebelumnya. Kalau ada nanti mereka bisa siap-siap," ucapnya.

Tujuan tes ini, tambahnya, yakni mendukung program pemerintah Kota Bandung dan pusat agar aparatur sipil negara bersih dari korupsi dan narkoba. (ee/Adv)

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved