Teras

Ciletuh

BAGI umumnya orang Jawa Barat, mendengar Sukabumi Selatan, maka yang pertama kali teringat adalah......

Ciletuh
dok. pribadi / facebook
Cecep Burdansyah, Pemimpin Redaksi Tribun Jabar. 

BAGI umumnya orang Jawa Barat, mendengar Sukabumi Selatan, maka yang pertama kali teringat adalah teluh. Kengerian pun merinding.

Bukan hanya Sukabumi Selatan, yang namanya daerah pakidulan selama ini dipersepsi sebagai sarang tukang teluh. Selain teluh, ada juga pélét, yaitu jampé asihan bila pria menghendaki seorang wanita cantik atau wanita menginginkan pria pujaannya.

Bayangkan, betapa seramnya citra seperti itu. Pendatang yang menjamah pakidulan barangkali mereka yang dendam pada musuhnya atau menginginkan pasangan yang jadi pujaannya.

Saya pertama kali datang ke Jampang tahun 1990 dengan persepsi seperti itu, bersama seorang teman untuk menulis tentang keunikan Jampang. Mendatangi rumah yang katanya dikenal sebagai tukang teluh.

Di rumah itu pribumi menyambut dengan hangat dan banyak bercerita tentang daerah dan masyarakatnya, termasuk soal teluh.

Tapi sama sekali tidak diperoleh bukti seperti apa kegiatan meneluh orang, bagaimana cara dia meneluh, apalagi menunjukkan korbannya. Sebagai cerita bahan obrolan memang menyenangkan, tapi untuk bisa percaya adalah perkara yang harus hati-hati.

Datang lagi ke Jampang 26 tahun kemudian, juga ditemani seorang sahabat, dengan persepsi yang jauh berbeda.

Saya ingin membuktikan ada pesona keperawanan Sukabumi Selatan, yaitu Taman Bumi Ciletuh, yang kemudian setelah diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat beberapa bulan lalu berganti nama jadi Geopark. Letaknya di Kecamatan Ciemas.

Kali ini saya mendapat bukti nyata bahwa kawasan Ciletuh memang mempunyai pesona alam yang indah.

Keperawanannya masih tampak, menunjukkan bahwa selama ini kawasan Ciletuh jarang terjamah. Perjalanan dari Bandung bisa delapan jam.

Halaman
1234
Penulis: cep
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved