Wisata

VIDEO: Wana Wisata Cidomas Kabupaten Purwakarta, Airnya Bisa Berubah jadi Kebiru-biruan

WARGA Kampung Garokgek Desa Garokgek Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta, kini ramai dikunjungi banyak orang.

VIDEO: Wana Wisata Cidomas Kabupaten Purwakarta, Airnya Bisa Berubah jadi Kebiru-biruan
TRIBUN JABAR / MEGA NUGRAHA
CIDOMAS - Pengunjung menikmati santap siang di bantaran Sungai Cidomas yang kini jadi Wana Wisata Cidomas, The Blue River, Minggu (1/5/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha


PURWAKARTA,TRIBUNJABAR.CO.ID - Warga Kampung Garokgek Desa Garokgek Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta, kini ramai dikunjungi banyak orang. Sebabnya, aliran Sungai Cidomas yang melintasi kampung itu ditata sedemikian rupa.

Aliran Sungai Cidomas sendiri bermuara hingga ke Sungai Cilamaya dan berakhir di Laut Jawa. Di kampung ini, warga dengan swadaya menata bantaran aliran sungai itu hingga lebih rapi. Saung-saung didirikan di pinggiran sungai.

Air aliran sungainya pun jernih. Bahkan, kata warga sekitar, aliran airnya bisa berubah jadi kebiru-biruan di waktu tertentu. Warga menyebutnya, Wana Wisata Cidomas, The Blue River.

"Sebelum air pam masuk ke rumah warga, dulu di sini tempat mandi dan cuci pakaian. Tapi setelah air pam masuk kesini, warga jadi tidak kesini lagi," ujar Eti (45), warga sekitar yang berjualan di bantaran sungai itu.

Ia tidak memungkiri, wisata sungai ini ramai dikunjungi setelah foto-foto sungai yang bersih disebar luaskan di jejaring internet. Satu per satu pengunjung mulai datang.

"Setelah sejak itulah warga di sini mulai menata kawasan ini jadi lebih rapi. Setiap akhir pekan banyak pengunjung yang ramai-ramai datang ke sini," ujar Eti.

Kawasan ini dibuka sejak awal tahun dengan modal biaya patungan warga. Akses jalan menuju sungai tidak terlalu buruk. Selain melewati jalan desa, juga melewati jalan gang perumahan warga.

"Karena baru dibuka sejak awal tahun, jadi belum ada tiket masuk. Masih gratis. Paling bayar parkir saja," ujar Eti.

Kampung Garokgek berada di perbatasan Kabupaten Purwakarta dan Subang. Tepatnya, berbatasan dengan Kecamatan Wanayasa dan Sagala Herang.

Dari Situ Wanayasa ke tempat ini berjarak 8 kilo meter. Sebelum gapura perbatasan Purwakarta-Subang, di kiri jalan dipasang papan petunjuk bertuliskan Wana Wisata Cidomas. (*)

Bisa dilihat di sini:

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved