Enam Tips Mengatur Jadwal Tidur Bagi Mereka yang Aktif di Malam Hari

Perlahan, cobalah mengganti jadwal kegiatan kita yang dilakukan tengah malam ke pagi hari.

Enam Tips Mengatur Jadwal Tidur Bagi Mereka yang Aktif di Malam Hari
gephardtdaily.com
Ilustrasi 

SESEORANG yang aktif di malam hari akan sulit bangun pagi, termasuk bila mendapat tugas atau pekerjaan. Ini mungkin akan menjadi masalah, karena secara umum kegiatan kerja dilakukan dari pagi hingga sore. Nah, berikut ini ada enam tips mengatur jadwal tidur bagi kita yang selalu aktif di malam hari:

1. Hentikan semua kegiatan dan ingatkan diri untuk tidur 8 jam

Hentikanlah semua aktivitas di malam hari kita dan kemudian ingatkan diri sendiri untuk mendapatkan tidur 8 jam. Meski belum terbiasa, karena tubuh tidak akan langsung tertidur, namun kita harus percaya pada tubuh untuk segera tertidur setelah berbaring di tempat tidur.

2. Mengonsumsi makanan ringan atau tidak makan malam

Makanan ringan yang dikonsumsi lebih awal atau bahkan tidak makan malam sama sekali. Cobahlah untuk berpuasa hingga keesokan harinya, sekitar 16 jam. Di pagi harinya, kita akan sarapan yang mengandung protein, di mana akan membantu mengatur ulang jam tubuh.

3. Bangun lebih awal secara bertahap

Mungkin biasanya kita bangun jam 11.00 dan ingin mulai bangun jam 07.00. Untuk memudahkannya, cobalah untuk bangun satu atau dua jam lebih awal di tiga hari pertama. Selanjutnya, tubuh akan perlahan mulai terbiasa. Dengan cara ini juga tidak akan memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

4. Menghindari alkohol

Jangan mengonsumsi alkohol ketika akan bekerja pada esok hari. Alkohol merupakan penekan, yang berarti akan memperlambat tubuh. Alkohol dapat memperlambat metabolisme tubuh dan memengaruhi otak selama siklus tidur.

5. Jangan tidur siang

Mengantuk di siang hari adalah wajar, apalagi bagi seseorang yang selalu aktif di tengah malam. Namun, jangan biarkan kita tidur siang. Carilah kegiatan yang membuat kita sibuk. Biarkan tubuh tidur di malam hari, sesuai dengan jam yang seharusnya atau tidur malam yang lebih awal agar dapat bangun pagi esok harinya.

6. Lakukan kegiatan mayoritas di pagi hari

Perlahan, cobalah mengganti jadwal kegiatan kita yang dilakukan tengah malam ke pagi hari. Jika terbiasa bekerja malam hari, lebih baik pergi tidur dan mengatur alarm satu jam lebih awal untuk menyelesaikan pekerjaan di pagi hari.

Itu lah enam tips mengatur jadwal tidur bagi kita yang selalu aktif di malam hari. Selamat mencoba!(*)

Editor: Sugiri
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved