Pendidikan

Tiga Bidang Studi ITB Masuk 500 Besar Pendidikan Terbaik Dunia

Pencapaian ini sejalan dengan target Kemenristekdikti, yakni ada perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam 500 besar perguruan tinggi dunia.

Tiga Bidang Studi ITB Masuk 500 Besar Pendidikan Terbaik Dunia
International.itb.ac.id
Ilustrasi: Kampus ITB 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil masuk ke dalam 500 institut pendidikan terbaik dunia versi lembaga QS Top Universities. ITB menempati peringkat 201-300 pada bidang Mechanical, Aeronautical and Manufacturing Engineering, 252 di bidang Electrical Engineering and Electronics, dan 401-450 pada bidang Computer Science and Information Systems.

Pada ketiga bidang tersebut, terdapat Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara serta Sekolah Teknik Elektro dan Informatika. QS World University Rankings by Subjects 2016 melakukan pemeringkatan pada 42 bidang studi. "Pemeringkatan ini didasarkan pada penilaian oleu para akademisi dunia, pengguna alumni, dan pengaruh hasil riset yang dilakukan institusi. Penilaian pada tingkat institusi belum diumumkan," ujar wakil rektor bidang administrasi umum, alumni, dan komunikasi Miming Mihardja, ketika ditemui di Gedung Rektorat ITB Jalan Tamansari No. 68 Bandung, Kamis (24/3).

Pencapaian ini sejalan dengan target Kemenristekdikti, yakni ada perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam 500 besar perguruan tinggi dunia.

Beberapa waktu mendatang, tepatnya pada 1 dan 2 April 2016, ITB akan menyelenggarakan wisuda kedua tahun akademik 2015/2016. Di momen ini, sebanyak 88 doktor, 769 magister, dan 593 sarjana akan dilepas.

"Diharapkan penambahan jumlah alumni ini akan meningkatkan lagi prestasi ITB berdasarkan penilaian pengguna. Wisudawan ini juga diharapkan dapat memberikan sumbangsih kepada nusantara dalam mengisi kebutuhan tenaga ahli di bidang sains, seni, manajemen/bisnis dan khususnya teknologi yang saat ini sangat dibutuhkan untuk memacu pembangunan nasional," kata Miming. (ee)

Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved