Gerakan Earth Hour

Malam Ini Bandung Akan Gelap Gulita Tanpa Penerangan Lampu

Di Kota Bandung akan ada 70 titik lokasi yang akan memadamkan lampu.

Malam Ini Bandung Akan Gelap Gulita Tanpa Penerangan Lampu
DOKUMENTASI/TRIBUN JABAR
Ratusan orang yang didominasi kalangan muda menggelar peringatan Earth Hour tingkat provinsi Jabar di Gedung Sate, Sabtu (29/3/2014) malam. Earth Hour merupakan kampanye inisiatif global yang mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis dan pemerintahan di seluruh dunia turut peduli terhadap perubahan iklim yang disebabkan aktivitas manusia dengan mematikan lampu dan peralatan elektronik selama satu jam. (TRIBUN JABAR/DEDY HERDIANA) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Dony Indra Ramadhan

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Malam ini, Kota Bandung akan gelap gulita. Lampu di sejumlah gedung di Kota Bandung akan dipadamkan dalam rangka peringatan Earth Hour.

Syaipul Hamdi, Koordinator Earth Hour Bandung, mengatakan, pemadaman akan dilakukan selama satu jam mulai pukul 20.30 WIB hingga 21.30 WIB.

Sejumlah gedung, bakal serentak memadamkan lampunya. Untuk fokus kegiatan, ujarnya, akan dilaksanakan di Trans Studio Mall (TSM) dan Gedung Sate.

"Di Kota Bandung akan ada 70 titik lokasi yang akan memadamkan lampu. Dari mulai hotel hingga gedung pemerintahan. Termasuk gedung ikon Kota Bandung, Gedung Sate," ujar Syaipul kepada Tribun melalui sambungan telepon, Sabtu (19/3/2016) sore.

Syaipul mengatakan, pelaksanaan pemadaman ini dilakukan setiap tahun. Pemadaman lampu selama satu jam, ujarnya, dilakukan sebagai peringatan agar masyarakat lebih bijak dalam menggunakan energi listrik.

"Gerakan ini merupakan gerakan global. Selain untuk mengurangi dampak perubahan iklim, kegiatan ini juga sebagai edukasi kepada masyarakat agar bijak energi," katanya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan ke depannya masyarakat lebih tambah bijak menggunakan listrik. Sehingga timbul rasa kepedulian dari masyarakat yang menjadikan bijak energi sebagai perilaku.

"Kami harapkan ada kesadaran masyarakat untuk bijak. Bukan hanya lampu, tapi alat elektronik lainnya," katanya. (dra)

Penulis: dra
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved