Pendidikan

Kemendikbud Akan Canangkan Sekolah Aman Tahun Ini

Keempat komponen tersebut harus bisa dilaksanakan kepala sekolah, guru, murid, dan orang tua.

Kemendikbud Akan Canangkan Sekolah Aman Tahun Ini
TRIBUN JABAR / GANI KURNIAWAN
ILUSTRASI: Hari Pertama -- Sejumlah siswa keas 1 bernyanyi bersama saat masuk sekoilah hari pertama di SDN Rancamanyar III, Jalan Cilebak, Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Senin (14/7/2014). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Teuku Muh Guci S

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana akan mencanangkan sekolah aman di Indonesia. Setidaknya ada empat indikator yang harus dilaksanakan di setiap sekolah untuk bisa dikatakan sebagai sekolah aman.

"Tahun ini kami akan canangkan sekolah aman itu," kata Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad, di Gedung Sabuga, Jalan Taman Sari, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/3/2016).

Sekolah aman, kata Hamid, berarti sekolahnya bisa mencegah tindak kekerasan, pornografi, radikalisme, dan narkoba.

Keempat komponen tersebut harus bisa dilaksanakan kepala sekolah, guru, murid, dan orang tua.

Selain itu juga mereka harus mewaspadai keempat hal tersebut di luar sekolah.

"Kita jangan berharap terhadap generasi penerus bisa menjadi lebih baik jika empat hal tersebut masih ada. Impian generasi emas 2045 pun akan sirna jika empat hal ini tidak bisa dicegah," ujar Hamid.

Mudah terpengaruhnya kalangan pelajar dan mudahnya akses internet saat ini menjadi latar belakang harus dicanangkannya sekolah aman di Indonesia.

Apalagi saat ini setiap kalangan pelajar memiliki sarana ponsel pintar yang dengan begitu mudahnya mengakses internet.

"Yang paling akhir dan gencar pengaruh buruh itu melalui online, media sosial, dan sebagainya. Itu masuk ke gadget anak-anak kita. Ini yang perlu dicermati bersama. Pemerintah hanya bisa cegah di ruang lingkup yang bisa dicegah. Makanya juga minta pelajar membentengi diri untuk tidak mencerna apa-apa saja dalam gadget kita," ujar Hamid. (*)

Penulis: cis
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved