Jika Ingin Kuliah Gratis di Korsel Baca Ini Dulu

Jalur lain di luar beasiswa adalah menjadi pekerja paruh waktu sembari kuliah seperti yang dijalani oleh Made

Jika Ingin Kuliah Gratis di Korsel Baca Ini Dulu
scholarshipposition.com

ANDA tertarik melanjutkan kuliah di negara asal Super Junior dan Girl's Generation? Ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh agar bisa melanjutkan kuliah di negeri ginseng tersebut.

Cara pertama adalah dengan mencari beasiswa. Menurut I Made Wicaksana Ekaputra, mahasiswa S3 di Pukyong National University, jalur beasiswa ada tiga macam, yakni beasiswa pemerintah Korea Selatan (KGSP), beasiswa dari pemerintah Indonesia dan beasiswa dari universitas di Korea Selatan.

“Beasiswa dari KGSP paling besar dan paling terjamin, tetapi harus fasih berbahasa Korea, jika tidak lulus saat belajar bahasa Korea pada tahun pertama akan dikembalikan ke negara asal,” jelasnya.

Adapun beasiswa dari universitas bergantung dari permintaan guru besar di sana serta ketersediaan dana. “Tetapi uang bulanannya lebih kecil, jadi tidak selalu terjamin,” sambung Made lagi.

Jalur lain di luar beasiswa adalah menjadi pekerja paruh waktu sembari kuliah seperti yang dijalani oleh Made. “Cara saya ini terbilang jarang, karena perlu rekomendasi dari beberapa orang,” jelas Made, yang bekerja sebagai peneliti di Korea Atomic Energy Research Institute (KAERI), lembaga semacam BATAN di Indonesia.

“Pendapatan bulanan lebih besar ketimbang beasiswa, tetapi saya harus membayar SPP, akomodasi dan makan,” katanya.

Meski berstatus sebagai pekerja paruh waktu, Made diperbolehkan menggunakan berbagai fasilitas yang disediakan KAERI, termasuk tinggal di asrama KAERI. Menarik bukan?. (kontan)

Editor: Adityas Annas Azhari
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved