Budaya

Deddy Mizwar akan Produksi Film Animasi Kabayan dengan Karakter Tokoh Inspirasi

Kita akan mereposisi tokoh Kabayannya menjadi tokoh yang positif dan menginspirasi.

TRIBUN JABAR/LAISA KHOERUN NISSA
Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar yang saat ini menjadi Plh Gubernur Jawa Barat saat ditemui wartawan, Jumat (18/9/2015). Demiz jadi Plh Gubernur karena Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan akan melaksanakan ibadah haji tahun 2015 ini. 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Aktor senior yang juga Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar berencana akan memproduksi sebuah film animasi Si Kabayan, tokoh yang menjadi legenda di Jawa Barat. Namun, Demiz sapaan akrabnya, memastikan akan mereposisi tokoh dan karakter Si Kabayan yang selama ini sering diidentivikasikan sebagai seorang tokoh yang malas dan usil.

"Kita akan mereposisi tokoh Kabayannya menjadi tokoh yang positif dan menginspirasi. Tokoh Kabayan ini akan kembali di-branding agar bisa menjadi tokoh animasi yang menjadi ikon Jawa Barat," ujar Deddy Mizwar ditemui di sela-sela Diskusi Peran Industri Kreatif di Tengah Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di Jalan Surapati Bandung, Jumat (26/2).

Ia berharap tokoh Kabayan yang akan ditampilkan dalam bentuk animasi ini akan mengubah imej dan persepsi masyarakat tentang Kabayan yang selama ini dikenal sebagai sosok yang malas dan usil. Demiz mengaku sudah menggali informasi dan mengkaji tentang sosok Kabayan sebenarnya yakni Kabayan yang jujur, rajin, alim serta seorang sufi.

"Kita berharap Kabayan ini menjadi tokoh atau ikon Jawa Barat seperti Naga Bonar yang menjadi ikon Sumatera Utara. Naga Bonar menjadi ikon itu berkat kreativitas dan kejeniusan Asrul Sani. Nah Kabayan juga perlu kreativitas dalam kontennya," ujarnya.

Dijelaskan Demiz, film animasi Kabayan ini bukan merupakan proyek Pemprov Jabar, melainkan proyek yang lahir dari gagasan dan inisiatif dirinya bersama rekan-rekannya sesama sineas serta para pelaku industri kreatif khususnya para animator. Dalam pembuatan film animasi Kabayan tersebut, Demiz mengaku akan melibatkan para animator asal Cimahi dan tim yang terlibat dalam film animasi Sopo Jarwo yang sudah tayang di salah satu stasiun televisi nasional.

Deddy Mizwar dan timnya bahkan sudah melakukan presentasi di hadapan para investor dan hasilnya banyak investor yang berminat untuk mendanai dan berinvestasi dalam pembuatan film animasi Kabayan tersebut. Pembicaraan dengan stasiun televisi pun sudah dilakukan dan hanya tinggal pembicaraan tahap akhir.

"Para animator kita sudah hebat-hebat. Kalau sekadar menggerakkan gambar, sudah hebat. Tinggal kreativitas kontennya. Selain mereposisi tokoh dan karakter Kabayan, kita akan sekaligus mempromosikan potensi budaya dan pariwisata Jawa Barat," jelas Demiz seraya menyebut saat ini timnya tengah menyiapkan skenario dan konten cerita yang menarik sehingga diharapkan film animasi Kabayan ini akan menjadi film animasi yang penuh pesan moral positif serta disukai dan keluarga. (Zam)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved