Ledakan di Sarinah Jakarta

Begini Kronologi Ledakan di Thamrin Hasil Rekaman CCTV

Menurut Anton, teror di kawasan gedung Sarinah pada Kamis itu diawali dengan dua ledakan awal pada waktu yang hampir bersamaan

Begini Kronologi Ledakan di Thamrin Hasil Rekaman CCTV
XINHUA/AFP
Foto ini dirilis oleh agensi berita China Xinhua, seorang pria tak dikenal dengan senjata, terduga pelaku, terlihat setelah ledakan menghantam kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, 14 Januari 2016. Serangkaian ledakan menewaskan sejumlah orang, terjadi baku tembak antara polisi dan beberapa orang yang diduga pelaku. 

JAKARTA, TRIBUNJABAR.CO.ID - Tim Mabes Polri telah meneliti sejumlah hasil rekaman kamera pemantau atau CCTV yang terpasang di sekitar lokasi ledakan di pos polisi dan gerai Starbucks Coffee, kawasan gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Kamis (14/1/2016).

"Kami sampaikan review kejadian saat ledakan menit per menit, detik per detik. Kami baru saja dengan tim menyaksikan rekaman CCTV, sehingga nanti tidak ada timbul isu-isu lain di luar itu. Semuanya berdasarkan CCTV. Nanti itu bisa dicek kebenarannya. Namun, CCTV belum bisa dikeluarkan ke umum," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Anton Charliyan di Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (16/1/2016).

Menurut Anton, teror di kawasan gedung Sarinah pada Kamis itu diawali dengan dua ledakan awal pada waktu yang hampir bersamaan, yakni di dalam gerai Starbucks Coffee dan pospol depan gedung Sarinah.

Ada juga aksi tembak-menembak antara pelaku dan petugas selama 11 menit dan disertai empat ledakan susulan.

Berikut kronologi kejadian berdasarkan CCTV:

10.39.29: Ledakan pertama terjadi di gerai Starbucks

10.39.40: Selang 11 detik kemudian terjadi ledakan kedua di pospol lantas depan gedung Sarinah dan ada orang-orang berlarian

10.40.40: 1 sampai 2 menit setelah ledakan, 4 polisi lalulintas datang ke pospol dan disusul kemudian 4 polisi lalulintas lainnya.

Kedelapan polisi lalulintas tersebut tidak menyadari yang meledak awal berasal di gerai Starbuck Coffee karena informasi via handy talkie (ht) mereka adalah di Starbucks sehingga yang dituju dan diamanakan adalah pos polisi

10.44.00: Jalan MH Thamrin pada kedua arah ditutup petugas.

Halaman
12
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved