Inspirasi

Pria Ini Berhasil Mengubah Limbah Bambu Jadi Alat dan Perhiasan Rumah Tangga

Dian memanfaatkan limbah bambu menjadi produk miniatur, hiasan dan perlengkapan rumah tangga

Pria Ini Berhasil Mengubah Limbah Bambu Jadi Alat dan Perhiasan Rumah Tangga
Mumu Mujahidin
Dian Setiawan (39) seorang pengrajin limbah bambu tengah menunjukan hasil kerajinannya dalam memanfaatkan limbah bambu menjadi barang bernilai ekonomi di galeri sekaligus rumahnya di Jalan Kolonel Masturi Kampung Cisarua RT 01/12 Desa Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat, Sabtu (5/12/2015). 

Laporan Mumu Mujahidin

CISARUA, TRIBUNJABAR.CO.ID - Melalui tangan kreatif Dian Setiawan (39) limbah bambu disulap menjadi barang bernilai jual tinggi. Dari limbah bambu pula Dian menghidupi keluarganya.

"Ya 70% memanfaatkan limbah bambu yang sudah tidak terpakai," kata Dian di studio sekaligus tempat tinggalnya di Jalan Kolonel Masturi Kampung Cisarua RT 01/12 Desa Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat, Sabtu (5/12/2015).

Dian memanfaatkan limbah bambu menjadi produk miniatur, hiasan dan perlengkapan rumah tangga, seperti sendok, garpu, piring, gelas, gantungan baju, lampu duduk, lampu tempel dan lain sebagainya.

Dian memulai bisnis kerajinan dari limbah bambu sejak 2011 silam. Itupun berawal dari iseng memanfaatkan bambu dari Kubung Jamur yakni bambu yang digunakan untuk tempat budidaya jamur.

"Awalnya iseng (buat kerajinan) dari Kubung jamur  yang tidak terpakai," kata Dian.

Kini hasil karyanya sudah dijual ke berbagai daerah di Indonesia seperti Papua, Banjarmasin, Yogyakarta, Jakarta, Banten dan Surabaya serta Madura.

"Kalo di daerah Lembang sendiri jelas, ada beberapa yang sudah menjadi mitra," katanya. (aa)

Apa pekerjaan Dian sebelumnya dan bagaimana upaya menjalankan bisnis limbah bambu yang mampu menjual ke berbagai daerah? Baca selengkapnya di Tribun Jabar edisi cetak, Minggu (6/12/2015). Ikuti berita-berita menarik lainnya melalui akun twitter: @tribunjabar dan fan page facebook: tribunjabaronline.

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved