Kemarau

Oded Ajak Masyarakat Bandung Perbanyak Istigfar dan Salat Istisqo

"Kota Bandung ini memang tidak punya sumber air baku. Jadi ya harus memanfaatkan air hujan," ujar Oded.

Oded Ajak Masyarakat Bandung Perbanyak Istigfar dan Salat Istisqo
tiah
Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial 

BANDUNG,TRIBUNJABAR.CO.ID - Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan kemarau panjang mengingatkan kepada warga Kota Bandung untuk bertaubat.

"Kemarau panjang bisa azab dari Allah, oleh karena itu harus banyak Istighfar dan menjalankan salat Istisqo," ujar Oded di Balai Kota, Selasa (27/10/2015).

Oded mengatakan, satu-satunya cara adalah taubat yang bisa dilakukan sekarang agar Allah segera diturunkan hujan untuk mengatasi kekeringan.

Sementara itu, untuk jangka panjang, Oded mengatakan, Pemkot Bandung sudah mempersiapkan danau-danau buatan di wilayah Gedebage, untuk menampung air saat hujan agar bisa digunakan saat musim kemarau.

"Kota Bandung ini memang tidak punya sumber air baku. Jadi ya harus memanfaatkan air hujan," ujar Oded.

Masyarakat bisa melakukan pemanfaatan air hujan, dengan membuat sumur resapan di rumah. Caranya dengan membuat lubang
sedalam delapan meter dan luas satu meter persegi, sumur itu bisa menampung air hujan, dan digunakan saat kemarau.

Saya juga menerapkan hal seperti itu di rumah, dan Alhamdulillah sampai sekarang tidak pernah kekurangan air,"ujar Oded.
Sementara itu, para pelanggan PDAM mengaku resah bakal tidak ada air karena tidak memiliki air cadangan. "Kalau tak ada air PDAM matilah aku tak bisa mandi dan cUci karena tak memiliki air tanah," ujar Rina (30) warga Babakan Ciamis. .

Rina mengatakan pernah membuat sumur tapi tak pernah ada air yang keluar. "Tidak hanya saya tapi tetangga pernah coba membuat sumur jetpam tapi air tak keluar mungkin tersedot. Olh hotel-hotel yang menjamur sekitar Babakan Ciamis.

Sedangkan Ayi Supriatna warga Ciwastra saat ditanya tak akan ada air di akhir November mengatakan sudah biasa tak ada air PDAM apalagi di musim kemarau.

Ayi mengatakan pasang PDAM sejak 2009 belum pernah air PDAM ngocor lancar. "Musim hujan saja air PDAM keluar sebesar ekor tikus, apalagi musim kemarau tak keluar sama sekali," ujar Ayi.

Ayi masih beruntung. Air sumur jet pam masih banyak airnya. (tsm)

Penulis: Tiah SM
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved