Breaking News:

Ekonomi

Fluktuasi Nilai Tukar Rupiah Tak Pengaruhi Eksposur Kredit

FLUKTUASI nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, tidak terlalu terpengaruh dengan kinerja Bank bjb .

Penulis: Siti Fatimah | Editor: Dicky Fadiar Djuhud
DOKUMENTASI TRIBUN JABAR
Illustrasi. (FOTO: KOMPAS/PRIYAMBODO) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, tidak terlalu terpengaruh dengan kinerja Bank bjb .

Hal ini dikarenakan eksposur kredit maupun komposisi DPK dalam bentuk valuta asing, khususnya dolar AS, jumlahnya sangat kecil.

Demikian diungkapkan Direktur Utama Bank bjb, Ahmad Irfan di Kantor Pusat Bank bjb, Selasa (13/10/2015).

Sedangkan terkait keputusan Bank Indonesia menjaga tingkat suku bunga acuan (BI Rate) di tengah adanya desakan untuk menurunkan BI Rate, menurut Irfan bank bjb mempercayai kebijakan BI telah mempertimbangkan berbagai faktor dari sisi internal maupun eksternal.

“Tentunya kami berharap keputusan yang diambil dapat memberikan angin segar bagi kami sebagai pelaku industri perbankan. Saat ini kami pun sedang mengurangi deposito atau dana mahal secara bertahap dan meningkatkan CASA,” katanya.

Sementara itu soal bisnis intermediasinya, Ahmad Irfan mengatakan perseroannya saat ini memiliki tingkat likuiditas yang cukup sehat, sebagai buah dari terjaganya keseimbangan antara penyaluran kredit dan penghimpunan (DPK).

“Di sisi penyaluran dana atau kredit, bank bjb gencar melakukan penetrasi melalui skema kerjasama linkage dengan BPR. Di sisi lain, kami terus meningkatkan DPK dengan mengutamakan dana-dana murah,” katanya.

Bank bjb menargetkan pada tahun ini rasio tersebut dapat menyentuh 90%-92%, di mana per Agustus 2015 perseroannya mencatat tingkat loan to deposit ratio (LDR) bank bjb berada di level 73%.

Potensi yang sedemikian besar baik yang berasal dari institusi maupun perorangan, terus digali bank bjb dengan melakukan kerjasama yang baik dan saling menguntungkan dengan pihak-pihak tersebut.

“Terus kami gali kerjasama yang bersifat business to government maupun business to business seiring dengan langkah kami dalam mengembangkan kualitas layanan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah,” katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved