Jelang Musim Hujan Tiba, Perajin Bronjong di Cianjur Banjir Order

Permintaan membuat bronjong juga datang dari luar Cianjur

Jelang Musim Hujan Tiba,  Perajin Bronjong di Cianjur Banjir Order
TRIBUN JABAR/DIAN NUGRAHA RAMDANI
Pekerja sedang mengerjakan pembuatan bronjong penahan batu di Kampung Warung Barang Desa Cibeureum Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, Jumat (9/10/2015). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Dian Nugraha Ramdani

CIANJUR, TRIBUNJABAR.CO.ID - Menjelang musim hujan, berkah tersendiri bagi para pengrajin bronjong di Cianjur. Pada saat-saat seperti ini, permintaan kawat penahan batu itu meningkat tajam.

Miftah (38), contohnya. Pengrajin bronjong di Kampung Warung Barang RT01/04 Desa Cibeureum Kecamatan Cugenang mengaku dalam sehari bisa memproduksi lebih dari 30 lembar bronjong.

"Nah, musim-musim hujan seperti yang baru mulai ini, biasanya permintaan meningkat. Sekarang sudah mulai ada peningkatan," ujar Miftah di Warung Barang.

Bukan hanya permintaan dari dalam Cianjur, terutama Cianjur Selatan yang rawan terjadi longsor. Namun juga dari luar Cianjur seperti Bogor, Garut, Tasik atau dari luar Jawa Barat seperti Lampung.

Hanya perlu waktu 10 menit bagi Miftah untuk menyelesaikan selembar bronjong berukuran 1x2 meter dengan tinggi 50 senti meter. Tangan Miftah begitu apik menjalinkan kawat satu dengan kawat lainnya sehingga terbentuk jaring yang masing-masing kawat berjarak 17 centimeter.

"Kualitas kawat juga menentukan harga. Kawat nomor 12, harganya Rp 80-90 ribu. Kalau kawatnya lebih bagus, kawat 8 harganya bisa mencapai Rp 200 ribu per lembar," ujar Miftah. (*)

Tags
Cianjur
Penulis: Dian Nugraha Ramdani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved