Breaking News:

Leisure

Hmmm. . . Lezatnya Batagor dengan Saus Karamel di Java Porenges

Nama batagor porenges terpilih karena Batagor...

Penulis: cr3 | Editor: Dicky Fadiar Djuhud
ARDHI NUGRAHA WAHID
Batagor Mix Java Porenges. 

BATAGOR alias bakso tahu goreng adalah makanan khas Bandung yang merajai kuliner Kota Kembang ini.

Demi mengembangkan batagor yang kini bersaing dengan naik daunnya berbagai kuliner tradisional, contohnya kue cubit, seblak, kue balok dan sebagainya, Nur Fauziyah menciptakan batagor porenges di kedainya yang bernama Java Porenges.

"Awalnya semenjak SMA (2011), saya suka culinary hunting. Akhirnya saya dulu memulai bisnis ini bersama Ilfan pada bulan Februari 2014. Kita berdua menjadi pengagas ide ini," ujar Nur, mahasiswi tingkat 4 sebuah universitas di Bandung.

"Nama batagor porenges terpilih karena Batagor adalah khasnya Bandung. Porenges maksudnya tuh bandel alias beda ama yang lain," tambah Nur.

Keempat teman Nur ikut bergabung dengan batagor porenges pada awal tahun 2015 hingga akhirnya terbentuk nama Java Porenges pada bulan Juli 2015.

"Java Porenges dipilih karena menunya kini sudah banyak," kata Nur.

Java Porenges yang beralamat di Jalan Sukajadi 48 mengutamakan penyajian Batagor yang dimodifikasi dengan menggunakan karamel sebagai saus utama.

Karamel memang menggantikan saus kacang pada penyajian standar batagor. Karamel yang pada dasarnya terasa manis ini ditambahkan beberapa rempah lain, yaitu cabai, sereh, dan salam.

Tentu saja agar karamel terasa manis, gurih dan pedas, mirip dengan sajian saus kacang.

Lebih menarik lagi, batagor tidak hanya berbahan ikan tenggiri, melainkan diolah pula menggunakan cumi, udang, kikil, dan ayam.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved