Breaking News:

Ekonomi

Pemprov Jabar Targetkan Pertumbuhan Ekonomi Meningkat 5 Persen

PMERINTAH Provinsi Jawa Barat menargetkan pertumbuhan ekonomi meningkat 5 persen.

Penulis: Isa Rian Fadilah | Editor: Dicky Fadiar Djuhud
shutterstock
Illustrasi Pertumbuhan Ekonomi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Laisa Khoerun Nissa

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan pertumbuhan ekonomi meningkat 5 persen.

Pemprov telah menyiapkan empat langkah strategis untuk mencapai target tersebut.

Plt Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa menuturkan langkah-langkah yang disiapkan Pemprov Jabar diantaranya dengan meningkatkan perputaran uang di daerah terutama di desa-desa. Dengan begitu diharapkan dapat mencegah arus urbanisasi.

"Kami mendorong terjadinya perputaran uang untuk empat sektor, meliputi pendidikan, kesehatan, peningkatan daya beli, dan pembangunan infrastruktur di daerah," katanya di Bandung, Kamis (24/9/2015).

Selain itu, pemprov pun akan mengupayakan pembenahan dari sisi kelembagaan pemerindah daerah (pemda) melalui badan penanaman modal dan pelayanan terpadu (BPMPT). Hal tersebut dilakukan dalam satu pintu untuk mendorong investasi tetap tumbuh di Jabar.

Tak hanya itu, Pemprov Jabar juga akan melakukan percepatan pembangunan infrastruktur. Iwa mengatakan salah satu fokus utama pemprov adalah menyelesaikan pembangunan proyek jalan-jalan tol di Jabar.

"Kami fokus merealisasikan infrastruktur 11 jalan tol diantaranya Tol Soroja, Tol Cisumdawu dan yang sekarang kami inisiasi adalah jalan tol Cileunyi-Tasikmalaya untuk meningkatkan akses ke wilayah Selatan," katanya.

Terakhir, kata Iwa, pemprov juga akan menyeimbangkan ketahanan pangan untuk mengendalikan inflasi daerah. Menurutnya, untuk hal tersebut pemprov akan bekerja sama dengan berbagai pihak.

"Kami juga akan melakukan percepatan penyerapan anggaran. Diharapkan dengan begitu pertumbuhan ekonomi bisa meningkat di atas 4,8% pada triwulan III tahun 2015 dan pada akhir tahun semoga bisa mencapai 5%," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved