Kabar dari Purwakarta

Begini Tanggapan Wagub Jabar Perihal Kolaborasi Antaridentitas Budaya

"Purwakarta kan sedang hajat, jadi dipasang janur...."

Begini Tanggapan Wagub Jabar Perihal Kolaborasi Antaridentitas Budaya
jabarprov.go.id
Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

PURWAKARTA,TRIBUNJABAR.CO.ID -- "Bali dan Jabar itu kan sama saja, memiliki kesamaan dalam hal tertentu. Ada beberapa yang sama. Bukan hal yang aneh, selama ada pohon kelapa. Justru yang aneh itu kalau janurnya banyak tapi pohon kelapanya tidak ada, itu baru aneh," kata Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar, Kamis (6/8/2015).

Hal ini dikemukakan menanggapi banyaknya janur dan kain sarung yang dipakai membungkus batang pohon di Kabupaten Purwakarta.

Kehadiran orang nomor dua di Jabar tersebut  dalam rangka kunjungan kerja ke Bakorwil II Jabar.

Lebih jauh Demiz -- panggilan akrab Deddy Mizwar menjelaskan, apa yang dilakukan dengan pemasangan janur dan kain membungkus batang pohon, termasuk kolaborasi antaridentitas budaya.

"Bali kan saudara kita, kok ditanggapi aneh. Jadi ya biarin saja, mau dipasang kain kotak-kotak, mau pohonnya dipasang kumis juga ya biarin saja," kata Demiz.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan pemasangan janur itu karena Purwakarta sedang menggelar hajatan Hari Jadi Purwakarta ke-184 dan Kabupaten Purwakarta ke-47.

"Purwakarta kan sedang hajat, jadi dipasang janur. Orang lagi hajatan kawinan pakai janur kan, ya sama, ini Purwakarta lagi hajat, syukuran hari jadi," ujar Dedi.

Budaya Sunda dan Bali, kata Dedi, merupakan saudara. Sehingga, wajar saja jika ia menerapkan kain untuk membungkus sarung.

"Sunda dan Bali itu dua saudara kebudayaan, silakan pelajari," katanya. (*)   

//

[VIDEO]: INILAH AKSI ZULHAM ZAMRUN SAAT PERTAMA KALI GUNAKAN JERSEY BERSAHAJA PERSIB BANDUNG---->http://bit.ly/1M49XF0PEMAIN asal Ternate, Zulham M Zamrun mengenakan kaos bernomor punggung 10.

Posted by Tribun Jabar Online on Tuesday, August 4, 2015
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved