Sejarah

Sisa Sejarah Kejayaan Sungai Citarum di Purwakarta

PADA masanya, di desa itu terdapat dermaga pelabuhan

Sisa Sejarah Kejayaan Sungai Citarum di Purwakarta
DOKUMENTASI TRIBUN JABAR
Illustrasi Sungai Citarum. Peserta asal Indonesia kelas beregu kategori beregu melakukan latihan persiapan pertandingan River Boarding World Champion, di bantaran Sungai Citarum, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (1/11/2013). Kejuaran ini akan berlangsung pada Kamis (7/11) hingga Minggu (10/11), dan diikuti juga peserta dari berbagai negara di lima benua. (FOTO: TRIBUN JABAR/DENI DENASWARA) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

PURWAKARTA,TRIBUNJABAR.CO.ID  --- Desa Cikao Bandung Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta, masih menyimpan sisa-sisa kejayaan transportasi Sungai Citarum ratusan tahun silam.

Pada masanya, di desa itu terdapat dermaga pelabuhan sebagai bagian dari sarana transportasi air menggunakan Sungai Citarum.

"Makanya di desa sekitar sini banyak perajin perahu sampai sekarang karena dulu sempat ada semacam pelabuhan tempat merapatnya kapal-kapal yang melintasi Sungai Citarum," ujar Odik (62), salah satu perajin perahu di desa tersebut kepada Tribun, Rabu (5/8/2015).

Ia telah jadi perajin perahu sejak tahun 1970-an hingga sekarang. Ia mendapat ilmu membangun perahu secara turun temurun dari orang tuanya, yang juga sudah membuat perahu jauh sebelum 1953.

Proses sejarah berjalan begitu cepat sehingga aliran sungai terpanjang di Jawa Barat ini banyak beralih fungsi, jangankan untuk sarana transportasi, malah Sungai Citarum dikenal tempat sampah raksasa di Indonesia.

"Dulu leluhur saya perajin perahu, berdasarkan cerita-cerita dari orang tua, Sungai Citarum jadi alat vital transportasi kapal yang mengangkut berbagai macam komoditas menuju utara, dan kapal-kapalnya sering singgah di dermaga Cikao," kata dia. (*)   

[VIDEO]: INILAH AKSI ZULHAM ZAMRUN SAAT PERTAMA KALI GUNAKAN JERSEY BERSAHAJA PERSIB BANDUNG---->http://bit.ly/1M49XF0PEMAIN asal Ternate, Zulham M Zamrun mengenakan kaos bernomor punggung 10.

Posted by Tribun Jabar Online on Tuesday, August 4, 2015
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved