Penerimaan Peserta Didik Baru

Sekolah Swasta di Purwakarta Terancam Gulung Tikar

KEBIJAKAN menerima seluruh siswa di sekolah negeri jenjang SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Purwakarta, mengancam....

Sekolah Swasta di Purwakarta Terancam Gulung Tikar
DOKUMENTASI TRIBUN JABAR
Illustrasi. (FOTO: TRIBUN JABAR / GANI KURNIAWAN)

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

PURWAKARTA,TRIBUNJABAR.CO.ID -- Kebijakan menerima seluruh siswa di sekolah negeri jenjang SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Purwakarta, mengancam keberlangsungan sekolah swasta.

"Kebijakan itu berpengaruh signifikan terhadap keberlangsungan sekolah swasta karena penerimaan siswa di sekolah swasta semuanya menurun drastis," kata Kepala SMK Bina Taruna, Rd Uus Kusumanegara di Purwakarta, Senin (3/8/2015).

Hanya saja, ia menampik kebijakan itu disebut merugikan karena toh, kata dia, sekolah swasta berada pada posisi sebagai peran pembantu pemerintah menyelenggarakan pendidikan.

"Disebut rugi tidak karena sekolah swasta ini berperan sebagai pembantu pemerintah," ujarnya.

Hanya memang, ia menyayangkan kebijakan itu mengarahkan siswa untuk tidak mengenyam pendidikan di sekolah swasta. Ia menjelaskan, dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Purwakarta, jika siswa tidak lolos di sekolah yang dituju, pemerintah mengarahkan siswa tersebut ke sekolah negeri lainnya.

Tahun-tahun sebelumnya siswa yang tidak lolos seleksi ke sekolah yang dituju itu dibebaskan memilih sekolah yang akan dituju.

"Namun kebijakan dari pemerintah sekarang, siswa yang tidak lolos itu diarahkan dan digiring untuk diterima di sekolah negeri lainnya, sehingga sekolah swasta sudah tentu terkena imbasnya," ujar Uus.

Saat ini saja, kata dia, pihaknya baru menerima 125 siswa baru di sekolahnya. Bahkan, ada sekolah swasta lain yang baru menerima siswa kurang dari 50 peserta. "Kalau tahun depan begini lagi, pasti gulung tikar," ujarnya.(*) 

//

#TKW #Berkarya #SupportYourLocal[VIDEO]: SUARANYA GURIH GURIH ENYOY, TKW CANTIK ASLI CILACAP INI PANEN PUJIAN---->...

Posted by Tribun Jabar Online on Friday, July 31, 2015
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved