Bencana Kekeringan

Warga Purwakarta Gunakan Air Sungai Untuk Keperluan Sehari-hari

SEJAK empat bulan terakhir, warga kesulitan...

Warga Purwakarta Gunakan Air Sungai Untuk Keperluan Sehari-hari
TRIBUN JABAR / MEGA NUGRAHA
KEKERINGAN -- Memanggul jerigen menuju aliran Sungai Ciherang untuk mengambil air untuk keperluan sehari-hari, Kamis (30/7/2015). Sejak empat bulan terakhir, warga kesulitan air akibat kekeringan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

PURWAKARTA,TRIBUNJABAR.CO.ID -- Warga di empat dusun di Desa Gurudug Kecamatan Pondok Salam Kabupaten Purwakarta, memanfaatkan air Sungai Ciherang untuk keperluan sehari-hari.

Kadang, air sungai itu kotor setelah digunakan kerbau berendam di hulu aliran sungai.

Sejak empat bulan terakhir, warga kesulitan air akibat kekeringan.

Sungai Ciherang yang melintasi dusun mereka, terbatas. Itupun harus dibagi kembali dengan para petani untuk mengairi sawahnya.

Jarak dusun hingga ke bibir sungai pun harus mereka tempuh sepanjang kurang lebih 1 kilometer dengan berjalan kaki, untuk mengangkut air menggunakan jerigen setiap pagi dan sore hari.

Tidak jarang, jika air tidak diangkut ke rumah-rumah, banyak dari mereka yang beraktivitas di aliran sungai untuk mencuci pakaian, piring hingga mandi.

"Sudah sejak empat bulan kemarin kami harus ambil air ke sungai karena di rumah sudah susah air," ujar Sugih Kurhi (45), kepala dusun setempat kepada Tribun, Kamis (30/7/2015). (*)

Bagaiaman warga selama ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari akan air, bisa dibaca di edisi cetak Tribun Jabar, Jumat (31/7/7/2015). Ikuti berita-berita menarik lainnya melalui akun twitter: @tribunjabar dan fan page facebook: tribunjabaronline.   

#TribunHe alth #PepayaDAUN PEPAYA BENAR-BENAR INGIN BERSAHABAT DENGAN MANUSIA. BERIKUT MANFAAT DAUN PEPAYA BAGI...

Posted by Tribun Jabar Online on Wednesday, July 29, 2015
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved