Indonesia Channel 2015

Tonton Pemuda-pemudi Mancanegara Bawakan Kesenian Indonesia di Enhaii

Para pemuda ini merupakan penerima beasiswa di bidang seni dan budaya. Selama tiga bulan, para peserta dibagi ke enam daerah untuk mempelajari seni da

IMGBUDDY.COM
Ilustrasi 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID  - Ingin menyaksikan pemuda-pemudi dari berbagai negara membawakan kesenian dan kebudayaan Indonesia, datang saja ke Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Kamis (11/6). Di tempat tersebut yang dulu dikenal sebagai Enhaii, akan digelar pagelaran kolosan Indonesia Channel 2015.

"Pertunjukan kolosal seni dan budaya ini dimainkan oleh 70 pemuda dari 40 negara," kata Direktorat Diplomasi Publik Kemenlu Purno Widodo saat dihubungi Tribun, Selasa (9/5).

Ia menuturkan, para pemuda ini merupakan penerima beasiswa di bidang seni dan budaya. Selama tiga bulan, para peserta dibagi ke enam daerah untuk mempelajari seni dan budaya setempat. "Daerah tersebut Bandung, Surabaya, Makassar, Bali, Jogja dan Solo," ucapnya.

Setelah itu, para peserta dikumpulkan kembali. Mereka diberi ruang untuk mengekspresikan apa yang telah dipelajarinya selama ini.
"Jadi mereka akan tampil membawakan kesenian dan kebudayaan dari enam daerah tersebut, namun masih terjalin dalam satu ikatan," tutur Purno. Tema dari pagelaran kolosal ini adalah Pentas Karya Sahabat Indonesia.

"Pagelaran ini ada empat babak. Yang intinya pencarian mereka mengenai Indonesia," ujarnya.

Purno menambahkan, pemberian beasiswa kepada para peserta sebagai promosi Indonesia melalui seni dan budaya. Kemudian, mereka juga berharap dengan ditampilkannya seni dan budaya Indonesia oleh pemuda dari luar negeri membuat pemuda di dalam negeri terketuk hatinya.

"Sehingga para pemuda Indonesia mencintai seni dan budaya dari negaranya," katanya. Ia berharap pemuda Indonesia juga bisa belajar dan melestarikan budaya Indonesia.

Pagelaran kolosal ini rencananya akan dimulai sekitar pukul 18.30. Beberapa duta besar negara sahabat juga diperkirakan akan menghadiri pementasan ini.
Ditargetkan, ada 1.500 penonton yang menyaksikan acara ini. "Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan bisa datang, gratis," ucap Purno. (tis)

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved