Kesehatan

Masya Allah, Tak Hanya Lezat Ternyata Singkong Juga Sangat Menyehatkan

Seperti jenis makanan pokok lainnya, singkong sebaiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah

DOKUMENTASI TRIBUN JOGJA
Singkong. 

TRIBUNJABAR.CO.ID - Singkong, yang juga dikenal dengan nama manioc atau yucca, merupakan sejenis umbi-umbian yang umum dijumpai di daerah beriklim tropis, termasuk Indonesia.

Seperti jenis makanan pokok lainnya, singkong sebaiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah, hal ini karena adanya kandungan cyanogenic glycosides, atau yang lebih dikenal dengan sianida, yang dapat menjadi racun mematikan.


Singkong mentah masih berkulit.

Dengan memasaknya hingga matang, singkong aman dikonsumsi. Manfaat singkong sebagai pengganti nasi untuk kesehatan, antara lain adalah sebagai berikut:


Singkong mentah setelah dikupas kulitnya.

1.Kaya mineral
Dilansir meetdoctor.com Singkong mengandung mineral seperti kalsium, fosfor, mangan, zat besi dan potasium. Berbagai jenis mineral ini diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan berbagai fungsi dalam jaringan tubuh.

Kalsium penting untuk tulang dan gigi yang kuat, sedangkan zat besi diperlukan untuk pembentukan dua jenis protein, yaitu hemoglobin dan myoglobin. Dua protein inilah yang nantinya bertugas membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Kandungan mangan yang ada di dalamnya akan membantu menguraikan karbohidrat serta protein.
Di dalam 100 gram singkong terkandung 16 miligram kalsium, 21 miligram magnesium, 271 miligram potasium, 27 miligram fosfor dan 0,4 miligram mangan. Selain itu, 14 miligram sodium, 0,3 miligram zinc dan 0,3 miligram zat besi juga terkandung di dalam singkong.

2.Kaya serat
Singkong mengandung kadar serat yang tinggi yang baik untuk mencegah sembelit. Selain menghindarkan sembelit, konsumsi cukup serat juga baik untuk membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga secara tidak langsung membantu menghilangkan kelebihan berat badan, mengurangi risiko penimbunan kolesterol, dan menghindarkan penyakit jantung.

Bagi para penderita diabetes, mengonsumsi singkong dapat membantu menurunkan kadar gula darah, karena serat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah.

Halaman
12
Penulis: Fauzie Pradita Abbas
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved