Ditanya Reshuffle, Jokowi Malah Suruh Wartawan Tanya ke Jusuf Kalla

"Hah? Apa?" ujar Jokowi saat pertama kali ditanya wartawan seusai bertemu 143 orang Tim Nusantara Sehat di Istana Negara, Senin (4/5/2015) malam.

Editor: Kisdiantoro
AFP PHOTO / YOSHIKAZU TSUNO
Presiden Joko Widodo saat memberikan kata sambutan dalam acara Indonesia Business Forum untuk promosi bidang investasi dan perdagangan di Indonesia, di Tokyo, Selasa (24/3/2015). 

JAKARTA, TRIBUN — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sudah mengisyaratkan akan adanya reshuffle atau perombakan kabinet. Namun, tak seperti Kalla yang lugas menjawab soal wacana itu, Presiden Joko Widodo lebih memilih berkomentar singkat.

Bagaimana reaksi Jokowi atas isu ini?

"Hah? Apa?" ujar Jokowi saat pertama kali ditanya wartawan seusai bertemu 143 orang Tim Nusantara Sehat di Istana Negara, Senin (4/5/2015) malam.

Wartawan pun kembali mengungkapkan adanya wacana reshuffle yang diisyaratkan oleh JK dan mengonfirmasi ke Jokowi. Mendengar pertanyaan itu, Jokowi mulai enggan berkomentar.

"Ya, tanya Pak JK. Tanya ini loh Nusantara Sehat, gimana sih. Kita kan baru saja bicara soal Nusantara Sehat. Kamu itu bagaimana," kata Jokowi.

Saat ditanyakan apa ada alasan melakukan reshuffle, Jokowi mengulang kembali pernyataannya itu. Tak lama kemudian, dia mengakhiri sesi wawancara.

"Tanya (tentang) Tim Nusantara Sehat. Kalau enggak ada, ya sudah," ucap dia sambil meninggalkan ruangan.

Salah satu orang kepercayaan Jokowi, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto juga memiliki sikap yang serupa dengan Jokowi saat ditanya soal reshuffle. Andi hanya mengangkat bahunya.

"Saya lagi belajar tidak komentar," ucap Andi yang biasa bertindak sebagai juru bicara bagi Istana tersebut.

Sebelumnya, Kalla menilai reshuffle diperlukan untuk peningkatan kinerja kabinet. Untuk tujuan itu, Kalla menilai, diperlukan sosok yang tepat untuk mengisi kabinet sesuai dengan kemampuannya.

"Ya, karena banyak perlu peningkatan kinerja, tentu dibutuhkan orang-orang yang sesuai dengan kemampuannya," ucap Kalla. (Kompas.com)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved