Ternyata Ini Loh Tujuan Ospek!

Bagi kamu yang baru saja mengikuti Ujian Nasional, pasti tengah bersiap mengikuti ujian berikutnya, seleksi masuk melanjutkan ke perguruan tinggi

Ternyata Ini Loh Tujuan Ospek!
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ospek mahasiswa baru dianggap masih perlu sebagai upaya pengenalan lingkungan kampus. 

Bagi kamu yang baru saja mengikuti Ujian Nasional, pasti tengah bersiap mengikuti ujian berikutnya, yakni seleksi masuk untuk melanjutkan ke perguruan tinggi impianmu. Segala upaya tentu telah dilakukan untuk bisa lolos ujian saringan masuk, kan? Apa yang kamu takutkan setelah itu? Ya, mungkin diantara kalian memiliki anggapan bahwa ada mimpi buruk yang harus diselesaikan setelah masuk ke perguruan tinggi. Apa itu? Ya! Ospek!
Siapa yang tidak pernah mendengar Ospek? Hal yang terdengar horor ini, mau tidak mau harus kamu jalani setelah masuk perguruan tinggi. Jangankan di perguruan tinggi, masuk Sekolah Menengah Atas pun ada juga istilah Ospek meski materi terkadang berbeda tiap sekolahnya.

Menurut beberapa sumber Ospek memiliki arti yakni Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus. Ospek ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru terhadap kampusnya. Selain itu juga ada tujuan lain yakni sebagai ajang berkenalan lebih jauh pada mahasiswa yang lain. Tak semua perguruan tinggi menyebut masa pengenalan ini Ospek, tetapi ada juga yang lainnya namun memiliki tujuan yang serupa.

Seram, dan menegangkan. Itulah yang dikemukakan oleh Fitrah (18) siswa yang berkeinginan melanjutkan di sekolah tinggi negeri kawasan Depok. Ia mengaku belum terbayang bagaimana Ospek yang akan ditempuhnya nanti. Keseraman itu sering ia dengar dari gosip teman-temannya.
"Saya sendiri enggak tahu gimana rasanya di Ospek. Tapi, kalau kata temen-temen itu menegangkan kayaknya, soalnya pasti panitianya tegas dan beringas," katanya.
Meski mengaku tegang dan takut menghadapi masa pengenalan kampus, Fitrah tetap semangat dan ingin terus melanjutkan proses belajar di perguruan tinggi. Ia pun menyadari bahwa ada banyak hal positif yang akan ia dapatkan dari masa pengenalan itu.

Tujuan masa pengenalan ini juga dikemukakan oleh Sonny (22) alumni dari Fakultas Ilmu Budaya, Usaha Perjalanan Wisata, Universitas Padjadjaran. Sonny mengaku pernah menjadi panitia pengenalan kampus dan ditugasi menjadi tim disiplin Ospek Fakultas Ilmu Budaya D3.

"Tujuan dari acara ospek kita sih pada dasarnya sama untuk lebih mengenal lebih jauh tentang lingkungan kampus, mulai dari fakultas sampe jurusannya masing-masing. Tapi, kalau di kita, ospek bukan sekedar gitu doang. Tujuan lainnya adalah mengakrabkan antara sesama mahasiswa baru dan mengenalkan siapa saja kakak angkatan mereka. Selain untuk lebih akrab, para mahasiswa baru diharapkan tidak canggung ketika meminta pertolongan sama kakak angakatannya," Sonny menuturkan.

Sonny menambahkan, tujuannya juga agar kakak tingkatnya bisa berbaur dengan mahasiswa baru. Sehingga, bisa menghindari bullying yang terkadang masih terjadi antara kakak senior dengan adik kelasnya.
"Untuk kamu para calon mahasiswa baru, ospek atau lebih kerenya sekarang disebut masa pengenalan kampus, jangan ditakutin deh karena, sekarang udah enggak jaman lagi ospek yang ada bully-annya. Jadi ikutin proses pengenalan kampusnya dengan enjoy, happy tapi tetap tertib. Biar kalian makin cinta dan tumbuh sense of belonging sama kampus kalian," kata Sonny.(tj1)

Editor: Ferri Amiril Mukminin
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved