Breaking News:

Panen Raya

Jokowi Umumkan Kenaikan Harga Pembelian Pemerintah Terhadap Gabah

Mendengar itu, petani tak langsung senang. Mereka menganggap kenaikan tersebut masih kurang.

TRIBUN JABAR/IDA ROMLAH
Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan melambaikan tangan kepada petani dan warga yang menyambutnya sesaat setelah mendarat di Kecamatan Trisi, Kabupaten Indramayu, Rabu (18/3/2015) pagi. Kunjungan presiden ke Indramayu dalam rangka panen raya di Desa Kedokan Gabus, Kecamatan Gabus Wetan. 

INDRAMAYU, TRIBUNJABAR.CO.ID - Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengumumkan kenaikan harga pembelian pemerintah (HPP) terhadap gabah kering panen (GKP) di hadapan petani di Kabupaten Indramayu, Rabu (18/3/2015). HPP GKP menjadi Rp 3.700 per kilogram dari semula Rp 3.300 per kilogram.

"HPP GKP saya umumkan sekarang di Indramayu. Rp 3.700 per kilogram, naik 10.4% dari HPP sebelumnya," kata Jokowi di hadapan para petani dalam acara panen raya di Desa Kedokan Gabus, Kecamatan Gabus Wetan, Kabupaten Indramayu, Rabu (18/3/2015).

Mendengar itu, petani tak langsung senang. Mereka menganggap kenaikan tersebut masih kurang.

Namun Jokowi beralasan, kenaikan HPP GKP menjadi Rp 3.700 per kilogram telah dihitung secara matang. "Kalau nainya tinggi sekali, nanti harga beras jadi tinggi sekali. Masyarakat seluruh Indonesia yang mengonsumsi beras akan menuding ke saya nanti," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, sudah dua tahun HPP gabah tidak naik. Karena itu, setelah dipertimbangkan dan dihitung cermat, ia pun memutuskan HPP GKP menjadi Rp 3.700 per kilogram. (roh)

Penulis: roh
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved