Breaking News:

Bupati Purwakarta: Sunda Itu Saudara Tua Kebudayaan Bali

Bali itu hari ini dianggap sebagai daerah yang berhasil membangun identitas budaya Indonesia secara baik.

TRIBUN JABAR / DICKY FADIAR DJUHUD
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. 

PURWAKARTA,TRIBUN - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menjelaskan ide menggandeng Kabupaten Gianyar Propinsi Bali ke Purwakarta, dalam Festival Purwakarta - Gianyar Sabtu (14/3) malam, karena Bali memiliki budaya yang otentik dan dikenal luas ke mancanegara.

"Bali itu hari ini dianggap sebagai daerah yang berhasil membangun identitas budaya Indonesia secara baik. Sehingga, kebudayaan Bali punya karakter tersendiri dan kemudian dikenal luas," ujar Dedi, Jumat (13/3).

Bahkan, kata dia, banyak kalangan budayawan di Bali yang menganggap bahwa kebudayaan Sunda itu merupakan saudara tua kebudayaan Bali.

"Lalu saya bertemu beberapa tokoh Bali dan mereka sangat hormati kebudayaan Sunda. Tidak hanya itu, mereka juga menganggap Sunda itu kakak kebudayaan Bali," ujarnya.

Ia pun mencontohkan terdapat produk-produk kesenian di Bali yang menyerupai kebudayaan Sunda. "Di Bali kalau di hotel-hotel ini ada kecapi suling lho. Dan pada dasarnya, kami ingin membangun persaudaraan dengan baik dengan mereka," ujar Dedi.(men)

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved